Upaya Penanganan Karhutla di Riau Tetap Berjalan, BPBD Belum Bisa Pastikan Kapan Bantuan Helikopter Datang

Upaya penanganan karhutla di Riau

Upaya penangnan Kahutla di Riau terus dilakukan dengan dukungan alat yang tersedia (Foto: Ilustrasi Karhutla/Pixnio)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — BPBD Provinsi Riau memastikan upaya penanganan Karhutla di Riau hingga kini tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Meskipun, hingga kini Pemprov Riau masih menunggu bantuan helikopter dari pemerintah pusat untuk menunjang penanganan Karhutla di Riau saat ini.

Menurut Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Riau, Jim Gafur, untuk sementara ini, upaya penanganan Karhutla akan terus dilakukan dengan memaksimalkan peralatan yang ada. 

“Bantuan helikopter masih diproses, kami harapkan akhir bulan ini sudah bisa dikirim ke Riau. Termasuk pesawat untuk teknologi modifikasi cuaca,” katanya, Minggu, 26 Maret 2023 di Pekanbaru.

Dia menambahkan, untuk bantuan berupa helikopter water bombing, hingga saat ini masih menunggu dari pemerintah pusat melalui BNPB dan KLHK.

Selain meminta bantuan heli untuk bom air dalam, kata Jim, pihaknya juga sudah mengajukan untuk teknik modifikasi cuaca.

Saat ini, upaya penanganan Karhutla tengah difokuskan di Kabupaten Bengkalis, Riau. BPBD Provinsi sudah kirimkan sejumlah peralatan pendukung untuk memudahkan petugas di lapangan dalam upaya penanggulangan.

“Kami akan segera kirimkan tim dan peralatan ke Bengkalis untuk membantu pemadaman Karhutla disana,” katanya.

Kondisi curah hujan di Kabupaten Bengkalis dalam beberapa hari terakhir terus berkurang. Hal tersebut membuat lahan gambut kering dan sumber air untuk memadamkan Karhutla juga sulit di dapat. 

“Kami akan membawa pompa-pompa air dengan kapasitas besar, yang dapat menjangkau sumber air yang cukup jauh,” ujarnya. 

Dijelaskan Jim, Teknologi Modifikasi Cuaca memang harus segera dilakukan di daerah pesisir Riau. Pasalnya, di daerah tersebut curah hujan sudah minim.***

Exit mobile version