Berita

Ternyata Investasi di Perak Lebih Menjanjikan Ketimbang Emas

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Investasi di perak ternyata lebih menjanjikan keuntungan jika dibandingkan berinvestasi pada emas atau logam mulia. Namun, hal ini bukan berarti bahwa berinvestasi pada emas tidak bagus. Hanya saja, dari sisi kegunaannya, perak jauh lebih banyak dibutuhkan ketimbang logam mulia.

Pandangan ini disampaikan oleh Warren Buffett, sebagaimana dilansir dari Investopedia, Warren Buffett telah menginvestasikan hampir USD1 miliar uangnya ke perak. “Jika dilihat dari prinsip-prinsip investasi dan nilai dasarnya, perak lebih menjanjikan ketimbang emas. Emas, tidak melakukan apa-apa selain duduk di sana dan melihatmu,” katanya.

Dia mengungkapkan, emas sebagai instrumen investasi hanya sedikit bahkan hampir tidak ada nilai. Hal itu dapat dilihat dari nilai yang dihasilkan dari kegunaan emas, jika dibandingkan dengan perak.

Salah satu prinsip dasar investasi Warren Buffett adalah bahwa seseorang hanya boleh berinvestasi dalam hal-hal yang berguna dan yang memiliki tujuan tertentu dan yang menyediakan beberapa kebutuhan praktis yang dimiliki orang. 

Perak memiliki segudang kegunaan industri dan medis. Dalam pengobatan, perak digunakan dalam perban, kateter, dan sebagai agen penyembuhan untuk luka bakar dan kondisi kesehatan lainnya. Perak juga digunakan untuk pemurnian air.

Dalam elektronik, perak adalah konduktor listrik logam terbaik dan tidak menimbulkan korosi, sehingga digunakan secara luas di bagian kabel dan penghubung, komputer, ponsel, dan kamera. Bahkan digunakan untuk melapisi DVD karena tahan gores.

Oleh karena itu, perak memenuhi persyaratan Warren Buffett untuk memiliki nilai yang nyata dan dapat diidentifikasi. Bahkan lebih baik, dari sudut pandang investor, perak hampir secara unik cocok untuk sejumlah kegunaan yang berfungsi sebagai logam industri dan akan sulit diganti dengan bahan pengganti apa pun.

Emas tidak memenuhi persyaratan kegunaan Warren Buffett. Meskipun memiliki beberapa aplikasi industri, itu hampir tidak tergantikan seperti yang sering terjadi pada perak. 

Emas bisa dijadikan perhiasan cantik, tetapi pada umumnya tanpa kegunaan praktis. Menurut pendapat Warren Buffett, karena hampir tidak memiliki nilai bawaan, itu bukan aset keuangan yang baik. Komoditas logam yang berkilauan bagi Warren Buffett adalah perak, bukan emas.

“Emas merupakan aset yang tidak akan memproduksi apapun, namun emas dibeli dengan harapan harganya akan naik di masa yang akan datang,” katanya dikutip dari grow.acorns.com.

Tidak seperti saham, emas tidak membuang pendapatan di masa depan yang dapat Anda klaim, dan tidak membayar dividen. Emas juga tidak seperti obligasi, karena tidak membayar bunga. Emas hanya duduk di sana, dan membutuhkan biaya untuk menyimpannya, bahkan jika Anda memiliki ETF.***