Berita

Tak Selalu Minum Kopi Itu Sehat

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Selama ini kita selalu mendengar bagaimana kopi memiliki peran penting dalam menangkal berbagai penyakit. Namun perlu diketahui bahwa tak selalu minum kopi itu sehat.

Menurut spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, kopi dapat memicu darah tinggi. Namun responnya tidak selalu terjadi.

Secara umum, saat mengonsumsi kopi maka akan ada kenaikan sedikit pada tekanan darah dan juga detak jantung. 

“Bisa dong, tapi respon darah tinggi tidak selalu terjadi. Namun secara umum tekanan darah akan naik sedikit kalau konsumsi kopi demikian pula detak jantung,” kata Vito, dikutip dari Detik.com, Sabtu, 30 Juli 2022.

Namun dia mengatakan minum kopi setengah hingga tiga cangkir dalam sehari bisa bermanfaat untuk jantung. Dalam akun Instagramnya, dia menjelaskan hal tersebut berdasarkan penelitian terbaru terkait kebiasaan minum kopi.

“Sekitar 400 ribu orang diamati selama 10 sampai 15 tahun dan dilihat apakah ada kematian atau serangan jantung atau stroke. Di antara mereka ada yang minum kopi nggak teratur, tidak rutin setiap hari. Ada juga yang minum kopi setiap hari lebih dari tiga cangkir. Ada juga yang minum kopi setengah cangkir sampai tiga cangkir seharinya dengan rutin.

Ternyata minum setengah cangkir sampai 3 cangkir sehari menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke,” jelasnya.

Vito juga mengingatkan minum kopi yang bagus setengah hingga tiga cangkir dalam sehari. Bukan dengan meminumnya secara berlebihan.

“Dan juga ingat bahwa yang dikatakan bagus di penelitian ini adalah setengah cangkir sampai tiga cangkir dalam sehari. Jadi bukan berarti boleh minum kopi dengan sesuka-sukanya,” kata Vito.***