Berita

Sudah Mulai Ramai, Disparekraf Riau Masih Tunggu Data BPS Terkait Pulihnya Sektor Pariwisata Riau

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Riau memperkirakan sektor pariwisata perlahan mulai ramai seiring dengan turun dan melandainya kasus penyebaran Covid-19 di Riau saat ini.

Kepala Disparekraf Provinsi Riau Roni Rakhmat mengatakan, kembali menggeliatnya sektor pariwisata di Riau bisa diamati dengan ramainya tingkat kunjungan masyarakat di beberapa tempat objek wisata, termasuk di sektor ekonomi kreatif di Provinsi Riau.

“Mulai nampak naik. Jadi ada kenaikan drastis ya jumlah kunjungan wisatawan. Bahkan destinasi-destinasi wisata pun sekarang dapat kita lihat sudah mulai ramai kembali,” katanya saat dihubungi Bertuahpos.com, Kamis, 7 Oktober 2021.

Meski demikian, Roni menekankan kepada setiap pengelola di sektor pariwisata agar tetap mencermati penerapan protokol kesehatan ketat kepada pengunjung yang datang.

Dia menambahkan, meski sektor pariwisata masih didominasi oleh wisatawan lokal, dengan kondisi saat ini sudah cukup membuat para pengelola bernafas lega, setelah sebelumnya 100% harus tutup saat diberlakukannya PPKM Level 4 di beberapa daerah di Riau.

Roni menuturkan, dengan pelonggaran mobilitas masyarakat seiring dengan turunnya kasus penyebaran Covid-19 di Riau, para wisatawan lokal sudah mulai berdatangan ke tempat-tempat wisata bersama keluarga mereka.

“Memang sejauh ini masih wisatawan lokal, karena memang pintu masuk penerbangan internasional masih belum dibuka pemerintah. Kalau berapa persen kenaikannya, kami masih menunggu data yang akan dikeluarkan dari BPS Riau,” tuturnya. (bpc2)