Berita

Status Bencana Hidrometeorologi di Pekanbaru Dicabut

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Peringatan dini bencana Hidrometeorologi untuk Pekanbaru, yang telah diberlakukan sejak 10 November 2022 akan berakhir hari ini.

Berakhirnya status bencana Hidrometeorologi ini disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu 1 Februari 2023.

“Hari ini, Surat Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 829 Tahun 2022 tentang status Siaga Bencana Darurat Hidrometeorologi secara otomatis berakhir,” tuturnya.

Zarman menginformasikan banjir, tanah longsor, dan robohnya pohon-pohon lindung akibat angin kencang telah terjadi selama masa siaga bencana hidrometeorologi.

“Bencana banjir itu terjadi dan merendam pemukiman warga di wilayah Kecamatan Bukit Raya, Sail dan Tenayan Raya. Ada 341 warga yang terdampak karena memang tingginya intensitas hujan,” terangnya.

Kemudian bencana longsor ada satu kejadian di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya. Ada satu rumah warga yang terbawa arus longsor.

“Alhamdulillah, untuk korban jiwa selama penetapan status Hidrometeorologi tidak ada. Warga yang terdampak hanya mengalami luka ringan dan juga sudah diberikan penanganan medis,” katanya.

Selain itu, setelah status siaga darurat hidrologi berakhir, BPBD Pekanbaru akan segera berkoordinasi dengan BPBD Riau dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Karena informasi BMKG, Februari nanti kita akan dihadapkan dengan musim kemarau,” tutupnya.