Berita

Setelah 20 Tahun, Masjid Ar Rahman Kini Punya Fasilitas Sanitasi

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Masjid Ar Rahman memang terlihat sederhana. Tempat peribadatan yang berdiri di atas tanah desa ini memiliki kondisi bangunan yang memprihatinkan, bahkan awalnya tak memiliki fasilitas sanitasi bagi para Jemaah. Hanya ada sungai yang berjarak 200 meter untuk para jemaah masjid berwudhu.

Masjid yang terletak di Dusun Sei Talas, Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu, sudah dari tahun 2000 membersamai kegiatan agama masyarakat. Terhitung, sudah 20 tahun jemaah mengandalkan air sungai. 

Ahyar Kaprina dari Tim Global Wakaf-ACT Riau menjelaskan, para jemaah hanya mengandalkan air sungai walaupun saat musim kemarau melanda. “Mereka memanfaatkan sumber air dari sungai untuk ambil wudhu ataUpun buang air besar dan kecil,” terang  Ahyari, Selasa 27 Juli 2021.

Juli ini, Global Wakaf-ACT membangun satu unit Sumur Wakaf berserta MCK untuk Masjid Ar Rahman dan masyarakat di Desa Sei Talas. Pembangunan sumur ini dalam bentuk Pipanisasi yaitu pengairan air dari sungai menuju ke Masjid.

“Ini diharapkan menjadi sumber air baru bagi warga sekitar dan terkhusus jamaah mushola karena Sumur Wakaf ini salah satu wujud wakaf Sahabat Dermawan. Ikhtiar ini sangat membantu penghidupan masyarakat yang membutuhkan, bukan sekedar satu atau dua orang,” kata Ahyar.

Selain membangun Sumur Wakaf, Global Wakaf-ACT juga akan memberikan modal kepada beberapa warga di sana untuk pemberdayaan ikan di desa ini. Zainal salah seorang warga Sei Talas, mengucapkan syukurnya dengan hadirnya program-program dari Global Wakaf-ACT ini. 

“Alhamdulillah, kami ucapkan terima kasih kepada Global Wakaf-ACT yang telah membangunkan Sumur Wakaf. Semoga Global Wakaf-ACT beserta para dermawan diberikan keberkahan oleh Allah SWT,” ucap Zainal. (bpc2)