Rusia dan Pakistan Sepakati Soal Pasokan Minyak dan Gas untuk Islamabad

harga bbm penugasan

Industri/FOTO: Pixabay.

BERTUAHPOS.COM — Rusia dan Pakistan membahas langkah-langkah untuk pasokan minyak dan gas jangka panjang ke Islamabad. Pembicaraan tersebut berlangsung selama pertemuan dua hari antara menteri energi Rusia dan Pakistan serta pejabat senior pemerintah di ibukota Pakistan, Islamabad.

Delegasi Rusia yang dipimpin oleh Menteri Energi Nikolai Shulginov saat ini sedang berada di Islamabad untuk mendiskusikan cara-cara untuk meningkatkan hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara. Di tengah-tengah diskusi, Rusia menyediakan minyak dan gas untuk negara-negara nuklir Asia Selatan dengan harga diskon.

Kunjungan delegasi Rusia ini menyusul kunjungan delegasi Pakistan yang dipimpin oleh Menteri Negara Perminyakan Musaddiq Malik ke Moskow pada bulan Desember lalu, yang memprakarsai pembicaraan mengenai pembelian minyak dan gas dengan potongan harga.

“Kedua negara setuju bahwa sektor industri penting untuk membangun hubungan ekonomi dan perdagangan kedua negara, yang dalam hal ini bertukar pandangan mengenai pasokan minyak dan gas dari Rusia ke Pakistan untuk jangka panjang,” menurut pernyataan.

Disebut Proyek Pipa Gas Aliran Pakistan, jalur ini membentang dari kota pelabuhan Karachi ke provinsi Punjab di timur laut Pakistan.

Pakistan dan Rusia telah menandatangani dua kontrak untuk pembangunan jaringan pipa senilai 2,5 miliar dolar AS pada tahun 2015 dan 2021. Proyek ini seharusnya dimulai tahun lalu, tetapi tidak dapat dilaksanakan karena sanksi global terhadap Moskow.***

Exit mobile version