Berita

Riau Masih Fokus Pada Target Vaksinasi Lansia, Baru Beralih ke Usia 18 tahun

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Riau masih fokus pada target vaksinasi orang lanjut usia (Lansia). Sejauh ini capaian vaksinasi pada kelompok ini tercatat masih jauh dari target.

Dari 994 ribu target vaksinasi di Riau, target vaksinasi kelompok Lansia sekitar 600 ribu. Sedangkan jumlah yang sudah menerima vaksin 2 kali baru 18 ribu orang (6,7%).

“Cukup dengan KTP seharusnya mereka sudah bisa divaksin,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi.

“Kalau Anda punya Lansia di rumah, mohon didaftarkan atau di bawa ke tempat – tempat penyedia fasilitas vaksin.”

Kelompok prioritas vaksin Lansia menyasar mereka dengan usia lanjut, yakni di atas 50 tahun. Kelompok ini dianggap sebagai golongan rentan meninggal dunia jika terpapar virus corona (Covid-19).

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, para Lansia akan terlebih dahulu dilakukan pengecekan kondisi kesehatan. Pada tahapan inilah yang nantinya akan menentukan apakah Lansia boleh divaksin atau tidak.

“Tujuan capaian target vaksinasi Lansia, tentu lah untuk meminimalisir angka kasus kematian akibat Covid-19. Para orang tua kita itu sangat rentan,” tuturnya.

“Sebagian besar mereka yang meninggal dunia akibat corona, adalah mereka dengan usia di atas 50 tahun. Kami juga berharap orang – orang di sekitar mereka selalu patuh pada protokol kesehatan,” tuturnya.

“Dengan jumlah yang sudah divaksin di Riau sementara ini, kita masih belum bisa berharap pada kekebalan kelompok. Sebab itu disiplin protokol kesehatan masih harus menjadi prioritas utama,” sebut Indra Yovi.

Dia menambahkan, setelah target vaksinasi pada kelompok Lansia tercapai, maka Riau baru akan fokus pada target golongan baru, yakni kelompok usia di atas 18 tahun. (bpc2)