Berita

Riau Dorong BWI Percepat Gerakan Wakaf untuk Pertumbuhan Ekonomi Syariah

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau mendorong Badan Wakaf Indonesia (BWI) untuk melakukan percepatan gerakan wakaf untuk pertumbuhan ekonomi syariah di daerah.

Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan potensi wakaf di Riau yang besar, diyakini akan mampu mendongkrak ekonom umat untuk tujuan kesejajaran masyarakat.

“Wakaf itu adalah salah satu instrumen ekonomi syariah untuk tujuan kesejahteraan masyarakat. Riau dengan jumlah sekitar 6 juta penduduk memiliki potensi yang besar untuk menggerakkan wakaf. Terutama wakaf uang,” kata dalam seminar wakaf yang diselenggarakan oleh BWI, Selasa, 2 November 2021.

Dia mengklaim sejak awal Pemprov Riau sudah melakukan gerakan wakaf di kalangan ASN di lingkungan Pemprov Riau. Namun gerakan ini masih kecil sebab tidak menyentuh banyak kalangan. Sebab itu Syamsuar mendorong gerakan wakaf harus masuk di semua kalangan.

Syamsuar menyebut, saat ini Riau memiliki jumlah penduduk sekitar 6 juta jiwa, di mana dari jumlah tersebut didominasi oleh umat Muslim. Gerakan wakaf yang maksimal tentulah akan menghasilkan dana umat untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sejak awal, kami memulai dari nominal yang kecil. Hanya Rp1.000 sehari. Tapi kalau gerakan wakaf sudah masif, maka dana yang terkumpul juga besar. Kalau berhasil kita mengumpulkan 80% dari jumlah masyarakat Riau dananya sangat luar biasa,” sebutnya. (bpc2)