Berita

Pusat Perbelanjaan di Pekanbaru Belum Boleh Beroperasi Penuh

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemko Pekanbaru menyatakan bahwa pusat perbelanjaan di Pekanbaru belum bisa beroperasi penuh selama pemberlakukan PPKM Level 4 masih berjalan.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, bahwa hal itu sudah menjadi kebijakan pemerintah pusat. “Tidak bisa buka, memang di Jawa pusat perbelanjaan sudah buka. Tapi kita belum bisa,” ucapnya.

Firdaus meminta masyarakat bisa memaklumi kondisi ini mengingat masih tingginya angka kasus penyebaran Covid-19 di Pekanbaru. Sedangkan daerah tidak bisa mengeluarkan kebijakan sendiri tanpa arahan dari pusat.

Dia menambahkan, pemberlakukan PPKM Level 4 di Riau saat ini tak cuma diberlakukan di Pekanbaru, melainkan juga diberlakukan di beberapa daerah lain di Riau dengan angka kasus penyebaran corona yang tinggi.

Firdaus menyebut bahwa saat ini, angka kasus penyebaran kasus di Pekanbaru sudah berada pada puncaknya. Dia pun mengaku bahwa kebijakan menutup pusat perbelanjaan adalah keputusan yang berat.

Dijelaskan, sejauh ini belum ada rencana pelonggaran terhadap PPKM di Pekanbaru. Namun untuk sektor – sektor esensial tetap masih bisa beroperasi sesuai dengan ketentuan berlaku.

Oleh sebab itu kami juga meminta kepada masyarakat agar selalu patuh pada protokol kesehatan. Keberhasil PPKM tentunya akan elbih efektif dalam menunkan angka penyebaran kasus, kalau ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan juga tinggi,” tuturnya. (bpv2)