Berita

Pra Popnas 2022, Riau Targetkan Bawa Gelar Juara Umum

Share

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA – Enam provinsi Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Barat bersaing di Pra-Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona I.

Pra-Popnas ini mempertandingkan tiga cabang olahraga (Cabor), yaitu Cabor pencak silat, tinju, dan sepak bola. Pencak silat akan berlangsung di ballroom Hotel Sahid Jakarta, sedangkan sepak bola dan tinju dilaksanakan di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Boby Rachmat selain menargetkan atlet Riau membawa pulang medali. Boby juga berharap atlet Riau bisa tampil membela Indonesia di ajang Asean Schools Games dan Youth Olympic yang juga diselanggarakan tahun ini.

“Saya berharap atlet bisa menjaga kondisi, emosi dan kekompakan sehingga dapat menghasilkan hasil yang terbaik sehingga bisa membawa pulang medali dan bisa lolos nantinya ke Popnas tahun 2023,” katanya, Jumat 25 November 2022.

Untuk Cabor pencak silat ada 22 nomor yang akan dipertandingkan, sementara untuk Cabor tinju ada 16 nomor yang akan dipertandingkan.

Riau menargetkan dari Cabor pencak silat dan juga tinju, Riau bisa keluar sebagai juara umum. Selain banyaknya nomor yang dipertontonkan, 2 Cabor ini juga menjadi andalan Provinsi Riau.

“Harapan kita di silat dan tinju. Kalau sepakabola target kita minimal runner up. Itu sudah lolos ke Popnas,” jelasnya.

Pra-Popnas di tahun ini berlangsung di Jakarta dan mengalami pengusutan Cabor yang dipertandingkan, hal ini terjadi karena Sumatera Barat yang ditunjuk sebagai tuan rumah mengundurkan diri.

Cabor lainnya seperti bola basket, bulutangkis, sepak takraw dan tenis lapangan tidak diigelar. Dan Pra Popnas ini menjadi seleksi untuk Popnas di Sumatera Selatan (Sumsel).

Untuk penentuan lolos tidaknya sebuah provinsi di cabor bola basket, bulutangkis, sepak takraw dan tenis lapangan akan menggunakan hasil dari Popwil di tahun 2018 lalu.