Berita

Pemprov Riau Minta Satgas Covid-19 di Sekolah Dipastikan Berjalan

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau meminta agar pihak sekolah di Riau memastikan satgas penanganan Covid-19 berjalan baik. Hal itu penting untuk mengantisipasi munculnya penyebaran Covid-19 dari klaster sekolah.

“Seperti yang kita ketahui saat ini, pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah sudah diberlakukan, meskipun kita ketahui bahwa waktunya terbatas dengan jumlah siswa di kelas juga terbatas,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi.

Dia menegaskan, meski pihak sekolah telah memberlakukan sekolah tatap muka dengan ketentuan protokol kesehatan yang ketat, pihak Satgas penanganan Covid-19 di Riau tetap harus dipastikan berfungsi. 

Satgas ini lah nantinya yang bertugas untuk mengingatkan jika sewaktu-waktu ada aktivitas yang cenderung melanggar protokol kesehatan selama pembelajaran tatap muka berlangsung.

Selain itu, kata Indra Yovi, Satgas sekolah pula lah yang bertugas memastikan tempat cuci tangan selalu terisi air dan tersedia sabun, memastikan bangku siswa telah disusun berjarak sesuai dengan ketentuan berlaku, dan mengontrol aktivitas-aktivitas siswa yang berpotensi kerumunan.

Indra Yovi menuturkan, sejauh ini memang belum ada penyebaran Covid-19 Riau dari klaster pembelajaran tatap muka. Meski demikian, hal tersebut berarti pertanda bahwa semuanya aman. “Karena belum ada, makanya saya ingatkan supaya tidak terjadi,” jelas Indra Yovi.

Seperti diketahui, kasus penyebaran Covid-19 di Provinsi Riau secara harian turun drastis dan kini melandai. Seiring dengan itu Pemprov Riau melakukan pelonggaran mobilitas masyarakat, termasuk mengizinkan aktivitas belajar mengajar secara tatap muka di sekolah-sekolah. (bpc2/Melba)