Berita

Pemko Pekanbaru Andal Wakaf untuk Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemko Pekanbaru mengandalkan gerakan wakaf sebagai salah satu strategi untuk pemulihan ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Walikota Pekanbaru, Firdaus mengatakan wakaf jika dikelola secara optimal dipercaya bisa mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat. Sebab sejatinya prinsip yang dipakai gotong royong.

“Jadi kita berupaya optimalkan program wakaf dan zakat, guna mendorong pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19,” jelasnya.

Firdaus mengaku sudah membentuk tim ekonomi untuk pemulihan ekonomi dalam pandemi Covid-19. Ia menyebut tim ini bakal mengevaluasi sektor ekonomi kerakyatan.

“Kita juga mendorong pemberdayaan masyarakat, ada relaksasi pajak daerah guna mendukung kelangsungan ekonomi,” paparnya.

Tim satgas juga berupaya mendukung pelaku UMKM. Begitu juga para pelaku usaha yang kebanyakan generasi muda sedang memulai usaha kecil.

“Kita sudah bahas bersama tim satgas, guna mendukung kelangsungan ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Selain itu, penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat tetaplah menjadi hal yang utama dalam upaya mencegah penyebaran covid-19. Sejauh ini, angka kasus penularan covid-19 di Pekanbaru diklaim sudah turun dari sebelumnya.

“Kita berharap angka kasus terus menurun, oleh sebab itu kami akan selalu menekankan kepada masyarakat, sektor usaha dan lainnya untuk selalu menekankan kepada masyarakat,” tuturnya.

Dia menambahkan, upaya pemulihan ekonomi masyarakat juga perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak, seiring dengan program vaksinasi yang terus berjalan.

“Jadi semuanya harus dilakukan secara bersamaan dan cepat. Pemerintah melakukan upaya dari sisi kebijakan, dan masyarakat ikut membantu dengan disiplin protokol kesehatan,” tuturnya. (bpc2)