Berita

Pembebasan Lahan Tol Pekanbaru – Bangkinang Rampung

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau menyatakan proyek tol Pekanbaru – Bangkinang bisa dilanjutkan kembali setelah sisa lahan sepanjang 700 meter di ruas tol itu, sebelumnya terkendala pembebasan.

Pemprov Riau bersama dengan BPN/ATR dan Kejati Riau, pada Senin, 10 Januari 2022, kembali duduk bersama untuk membahas soal pembebasan lahan yang sebelumnya menjadi kendala.

Jalur Tol Pekanbaru – Bangkinang dengan panjang 40 kilometer di mana ada 700 meter diantaranya tak bisa dikerjakan sebab terhalang belum selesainya kesepakatan harga terkait pembebasan lahan.

Lahan 13 bidang tersebut milik sembilan warga di Sungai Pinang, Kampar yang belum diganti rugi. Sebab harga yang ditawarkan sebelumnya tak sesuai lantaran ada  ada perbedaan harga di lahan lain.

“Ke 13 bidang lahan itu milik 9 orang, kemarin itu ada permasalahan harga satuan bidang yang kurang pas. Kemarin sudah diukur ulang oleh Masyarakat Profesi Penilai Tanah (MAPPI), dan harganya sudah disepakati. Alhamdulillah sembilan orang pemilik 13 bidang lahan itu sudah sepakati dan tanda tangan semua,” kata Sekdaprov Riau SF Hariyanto.

Dengan demikian, maka ruas jalan tol sepanjang 700 meter tesebut sudah bisa dikerjakan, karena masyarakat sudah bersedia untuk dikerjakan.

“Mulai besok itu sudah bisa dikerjakan, dan mudah-mudahan bisa diselesaikan segera, sehingga kita harapkan awal Maret nanti pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang sudah bisa diresmikan oleh pak Presiden,” tukasnya. (bpc2)