Optimalisasi Pengelolaan Bank Sampah di Pekanbaru Perlu Dukungan Pemda

Pengelolaan Bank sampah di Pekanbaru

Pengelolaan bank sampah di Pekanbaru perlu dukungan penuh dari Pemda.

Optimalisasi pengelolaan bank sampah di Pekanbaru perlu dukungan penuh dari Pemda jika ingin persoalan sampah di kota ini selesai. 

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Bank sampah sejatinya sebuah instrumen efektif tidak hanya dalam penataan dan pengolahannya, tapi juga berikan dampak baik terhadap ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Oleh sebab itu Pemda dalam hal ini Pemko Pekanbaru perlu melakukan optimalisasi pengelolaan bank sampah sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah sampah menumpuk di ibu kota Provinsi Riau ini.

“Tumpukan sampah di mana-mana di kota ini tentu menjadi persoalan serius bagi kita semua. Meski dengan berbagai mekanisme dan strategi yang telah dilakukan Pemko Pekanbaru tetap saja belum membuahkan hasil yang memuaskan bagi masyarakat,” kata Ketua Bank Sampah Agrowisata Ibnu Al-Mubarok, Muharrami. 

Dia meyakini bahwa kehadiran bank sampah menjadi salah satu solusi konkrit, sehingga keberadaan bank sampah sudah selayaknya mendapat perhatian lebih dari pemerintah agar pengelolaannya optimal. 

Menurut Muharrami, tidak selayaknya memandang kehadiran bank sampah semata-mata karena bisnis. Sebab pada kenyataannya dampak yang dihasilkan jauh lebih besar dari sebatas bicara keuntungan.

“Kita bicara lingkungan secara umum, maka hadirlah bank sampah. Banyaknya bermunculan bank sampah menjadi bukti bahwa keresahan masyarakat kita terhadap persoalan sampah yang tak selesai adalah sebuah atensi penting untuk terus dipikirkan. Salah satunya, inilah hadirnya bank sampah,” katanya. 

Selain itu, bank sampah secara khusus akan menjalankan perannya sebagai edukasi ke masyarakat betapa pentingnya menjaga lingkungan yang berhilir pada terciptanya lingkungan bersih dan sehat. 

“Setelah barulah ada nilai ekonomi di dalamnya. Bayangkan masyarakat bisa dapat uang dari sampah-sampah rumah tangga yang mereka produksi. Jadi kalau kita bicara lingkungan sebagai kerangka utamanya, maka ada banyak turunan-turunan positif dari itu, bahkan hingga pada kondisi finansial masyarakat,” tuturnya. 

Oleh sebab itu, tidak ada alasan kalau bank sampah bukanlah sesuatu hal penting untuk tidak diseriusi dalam hal optimalisasi tata kelolanya. Baginya, jika optimalisasi pengelolaan bank sampah sudah benar-benar berjalan dengan tata regulasi yang baik, maka kesadaran masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat juga akan menjadi prioritas. ***

Exit mobile version