Menolak Direlokasi, Pedagang Berharap Pembangunan Pasar Cik Puan Dilanjutkan

Pasar Cik Puan

Pedagang Pasar Cik Puan terlihat tengah mencari sisa-sisa barang dagangan mereka yang masih bisa diselamatkan, Senin 20 Februari 2023.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pedagang Pasar Cik Puan yang menjadi korban kebakaran pada Ahad 19 Februari 2023 lalu menolak untuk direlokasi kebangunan pasar yang belum jadi.

Dari 500 kios yang ada di tempat penampungan sementara (TPS), 400 kios pedagang rata dengan tanah karena jilatan api si jago merah yang luar biasa.

TPS ini tepat berada disebelah bangunan gedung Pasar Cik Puan yang pembangunannya sudah Mangkrak selama belasan tahun dan belum tau kapan pembangunan kembali dilanjutkan.

Ketua Persatuan Pedagang Pasar Cik Puan, Sultan Sarmuni Sikumbang mengatakan para pedagang berharap pemerintah melanjutkan pembangunan gedung baru itu.

“Kalau pedagang pindah ke bangunan itu, otomatis pembangunannya tidak bisa dilanjutkan. Harapan pedagang, secepatnya bangunan itu dilanjutkan. Kalau bisa secepatnya pedagang berjualan di sini kembali, dan bangunan itu dilanjutkan pemerintah,” tuturnya, Senin 20 Februari 2023.

Dia berharap pemerintah bisa segera mengambil langkah-langkah dengan melanjutkan pembangunan ini, baik itu menggunakan APBD ataupun APBN.

“Kalau bisa pasar yang di samping ini dapat segera dilanjutkan pemerintah. Dengan harapan dibangun dengan dana APBD atau APBN, dan jangan diswastanisasikan,” harapnya.

Namun jika hanya relokasi untuk sementara waktu, para pedagang tidak merasa keberatan. Namun jika dengan waktu lama, pedagang dengan tegas menolak.

“Kalau untuk satu atau dua hari boleh lah. Tapi untuk berlama-lama, pedagang semuanya menolak. Karena itu, kita berharap agar tempat penampungan sementara (TPS) pasar cik puan ini segera dibersihkan dan pedagang kembali berjualan di sini,” tutupnya.

Exit mobile version