Menag Yaqut Sebut Tak Ada yang Salah dari Pernyataan KSAD Dudung, Soal ‘Tuhan Kita Bukan Orang Arab’

sertifikasi wawasan kebangsaan, jenderal dudung

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qaoumas

BERTUAHPOS.COM — Menteri Agama (Menag) Yaqot Cholil Qaumas mengatakan tak ada yang salah dengan pernyataan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Pernyataan Dudung soal ‘Tuhan kita bukan orang Arab’ membuat dia dilaporkan ke Pusat Polisi Militer TNI Angkatan Darat. “Itu klir sekali kalau kita memahami pernyataan Jenderal Dudung secara utuh,” kata Yaqut dalam pernyataan tertulisnya.

Dia menilai apa yang dikatakan Dudung adalah sebuah penegasan bahwa Tuhan itu memang bukan makhluk, tapi sebagai Sang Pencipta. Yaqut menyatakan pembelaannya terhadap Jendral Dudung, dan meminta agar semua pihak menyudahi polemik ini. Sebab menurutnya, tak ada perlu diributkan dengan statement itu.

Dalam berdoa, misalnya, umat Islam diperbolehkan menggunakan bahasa apapun termasuk bahasa Indonesia. Menurutnya, pernyataan Dudung juga dalam konteks soal pilihan dan cara berkomunikasi dengan Tuhan. Bukan bermaksud memposisikan Allah sebagai makhluk.

“Kalimat Jenderal Dudung ‘karena Tuhan Kita itu Bukan Orang Arab’ adalah tidak berdiri sendiri tapi bermakna penegasan setelah kalimat ‘Pakai bahasa Indonesia saja,” katanya.

Yaqut mengajak semua pihak untuk mengedepankan proses klarifikasi (tabayyun) ketika melihat persoalan yang dinilai ambigu, termasuk pernyataan Dudung. Menurutnya, persoalan itu bisa diselesaikan dulu dengan bertemu atau berdiskusi langsung. Cara tersebut, kata dia, akan lebih elegan dan tidak menguras energi. (bpc2)

Exit mobile version