Berita

Ketua Satgas Pangan Riau Sebut Masih Ada Pihak-pihak yang ‘Nakal Mainkan Harga Minyak Goreng di Daerah’

Share

BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU — Ketua Tim Satgas Pangan Provinsi Riau SF Hariyanto menduga masih ada pihak-pihak yang ‘nakal memainkan harga minyak goreng’ di tengah kondisi masyarakat yang serba sulit. Kondisi seperti ini, disinyalir terjadi di beberapa daerah di Riau.

Dia mengatakan, sejauh ini untuk ketersediaan sembako di Riau—terutama selama Ramadan dan Idul Fitri nanti masih aman. Hanya saja untuk harga, yang diduga masih ada pihak yang mencari keuntungan di tengah situasi seperti ini.

“Kalau untuk stok aman, tapi juga seperti minyak goreng itu dari informasi yang kami terima di Meranti dan Bengkalis, terjadi kenaikan. Bahkan untuk harga minyak curah pun ada kenaikan. Masih ada yang nakal-nakal, ini yang perlu kami antisipasi. Mana yang nakal itu, apa penyebabnya,” katanya di Pekanbaru.

SF Mengatakan, dalam pekan ini Tim Satgas Pangan Provinsi Riau sudah turun ke lokasi-lokasi pasar induk untuk melakukan pemantauan secara langsung terhadap kondisi sembako, termasuk harga minyak goreng.

Data-data yang diperoleh di lapangan, akan dilaporkan kepada unsur pimpinan, termasuk ke Kementerian Perdagangan. Upaya ini, kata dia, dilakukan dalam rangka agar stabilitas harga pangan masyarakat tertap stabil, terutama saat Ramadan dan Idul Fitri 2022.

Berdasarkan hasil pemantauan itu, Tim Satgas Pangan akan melakukan analisis terhadap kesesuaian harga sembako. Jika memang ditemukan adanya kenaikan harga, pihaknya akan memanggil distributor untuk meminta jawaban terhadap kondisi tersebut. (bpc2)