Berita

KARHUTLA RIAU – Kepala Kejati Riau: Jangan Pernah Sepelekan Puntung Rokok!

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Kejati Riau Jaja Subagja menilai, langkah terpenting dalam upaya penanganan Karhutla di Riau terletak pada kerja sama yang baik antar semua pihak, bahkan hingga ke lapisan masyarakat terkecil.

Hal ini disampaikannya saat diberi kesempatan berbicar dalam rapat koordinasi penanganan Karhutla Riau di Gedung Daerah Provinsi Riau, Pekanbaru, Senin, 11 April 2022.

Dia mengatakan, Karhutla terjadi tidak hanya sebatas adanya aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar, atau di sengaja. Melainkan, Karhutla juga bisa terjadi akibat unsur kelalaian bahkan ketidaksengajaan.

“Terkait upaya pencegahan kami sangat mendukung. Daripada Karhutla terjadi lebih baik dicegah. Dalam hal ini perlu ada kekompakan di semua lini. Kadang-kadang kita—dalam hal kasus Karhutla—buang puntung rokok pun, karena tanah gambut, itu pun bisa menjadi penyebab Karhutla,” sebutnya.

Oleh sebab itu, Jaja mengingatkan perlunya ada kesadaran dari masyarakat agar selalu bersikap hati-hati, dan sosialisasi yang masif.

Sementara, terkait upaya penegakan hukum kata dia, sejak awal Kejati Riau sudah berkomitmen untuk mendukung dan langkah koordinasi dengan instansi terkait juga terus dilakukan.***