Berita

Kadiskes Riau: Kecemasan Kita Pascalebaran Idul Fitri tak Terjadi

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pemprov Riau mengeklaim bahwa kasus terkonfirmasi Covid-19 cenderung kian menurun. Hal ini menandakan bahwa penularan Covid-19 di Riau masuk dalam kategori sangat terkendali.

Menurut data yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin usai lebaran Idul Fitri lalu, rata-rata per hari angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau hanya 2 kasus.

“Sedangkan untuk kasus aktif cuma tinggal 15, itupun sebagian besar dirawat di rumah masing-masing, tidak di rumah sakit,” katanya, Kamis, 19 Mei 2022 di Pekanbaru.

Dengan demikian, dia menyebut bahwa apa yang dikhawatirkan pemerintah terkait potensi lonjakan kasus terkonfirmasi pascalibur panjang Lebaran Idul Fitri tahun 2022, ternyata tidak terjadi di Riau.

Selain itu, tingginya capaian realisasi vaksinasi di Riau juga turut berperan penting dalam rangka menekan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Riau.

“Ya, artinya, apa yang kita khawatirkan pascaliburan Idul Fitri itu tidak terjadi. Selain itu untuk realisasi capaian vaksinasi pertama di Riau juga sudah di angka 98,44 persen. Sudah sangat tinggi, ya,” terangnya.

Meski demikian, kata Zainal, Pemprov Riau tetap kepada pihak terkait untuk terus menggalakkan vaksinasi Covid-19, terutama menggesa percepatan realisasi vaksin booster.***