Berita

Kadisdik Riau Sebut Inhu Kekurangan Guru

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Kamsol mengatakan bahwa Kabupaten Inhu sangat membutuhkan tambahan guru. Mengingat ketersediaan guru khususnya untuk sekolah dasar di daerah itu sangat minim.

“(Daerah) yang membutuhkan guru paling banyak di Inhu. Memang sangat minim sekali. Guru di sana sangat sedikit,” katanya, Jumat, 14 Januari 2021.

Dia menambahkan, di Inhu ada banyak sekolah-sekolah yang dalam kegiatan operasional hanya mengandalkan guru-guru yang ada, sehingga proses belajar mengajar jadi terkendala.

Kata Kamsol sekolah-sekolah di Inhu awalnya berasal dari sekolah untuk anak kurang mampu, seperti sekolah terbuka, sekolah jarak jauh, hingga sekolah-sekolah marginal. Sehingga membuat ketersedian guru menjadi hal yang prioritas untuk saat ini.

Meski demikian, kata dia, Pemprov Riau masih mempertimbangan bahnyak hal untuk mengatasi persoalan tersebut. Dalam rangka pemerataan guru di daerah, sarana dan prasarana harus terpenuhi terlebih dahulu. Diantaranya, seperti; ketersediaan asrama guru, rumah dinas hingga insentif guru. 

“Jangan sampai saat guru ditempatkan di sana malah jadi masalah baru. Kalau di daerah itu paling satu yang PNS selebihnya honor. Ini yang masih akan kami rumuskan ke depan dalam rangka pemerataan guru di daerah-daerah di Riau,” tuturnya. (bpc2)