Jumlah Kebutuhan Hewan Kurban di Pekanbaru Diprediksi Mencapai 11ribu Ekor

Jelang Idul Adha 1445 H, Distankan Pekanbaru Periksa 5 Ribu Lebih Hewan Kurban

Hewan kurban yang akan disembelih

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Di Hari Raya Idul Adha 1447 Hijriah/2023 ini diprediksi hewan kurban yang dibutuhkan Kota Pekanbaru diprediksi mencapai 11.297 ekor.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada kenaikan jumlah hewan kurban yang dibutuhkan.

“Tahun ini kita prediksi kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru 11.297 ekor, naik 1,88 persen dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru 11.084 ekor,” tutur Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru M Firdaus, Rabu 14 Juni 2023.

Dari jumlah 11.297 ekor kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru ini terdiri dari 7.661 ekor sapi, 1.777 ekor kerbau dan 1.859 ekor kambing.

“Hingga tanggal 11 Juni kemarin ketersediaan hewan kurban di Kota Pekanbaru baru 6.778 ekor yang terdiri dari sapi 4.597 ekor, kerbau 1.066 ekor dan kambing atau domba 1.115 ekor,” terangnya.

Untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban di Pekanbaru, Distankan berusaha untuk mendatangkan hewan kurban dari luar Kota Pekanbaru atau Provinsi Riau.

“Namun tentunya hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru wajib memiliki dokumen kesehatan. Hal ini untuk mencegah penularan penyakit. Bakal ada tim yang memeriksa administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban. Kita ingin memastikan hewan kurban yang masuk ke Kota Pekanbaru bebas penyakit,” jelasnya.

Untuk memastikan hewan kurban bebas dari penyakit dan layak untuk dikonsumsi, Distankan Pekanbaru akan melakukan pemeriksaan hewan kurban ke kandang dan tempat penjualan.

Pemeriksaan bukan hanya dari administrasi hewan, tapi juga dari segi klinis hewan.

“Ini penekanan kita terhadap pemeriksaan hewan kurban jelang Iduladha,” jelasnya.

“Tim di lapangan sudah melakukan upaya vaksinasi PMK hewan ternak oleh insan peternakan dan dokter hewan. Hasilnya terlihat, sampai saat ini belum ada kasus PMK di Pekanbaru,” tutupnya.

Exit mobile version