JPO di Pekanbaru Rusak Parah, DPRD: Jangan Nunggu Makan Korban

JPO di Pekanbaru Rusak Parah, DPRD: Jangan Nunggu Makan Korban

BERTUAHPOS.COM , PEKANBARU – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ada di Kota Pekanbaru keadannya semakin memburuk, setidaknya ada tiga JPO mengalami kerusakan parah.

Ketiganya merupakan JPO Jalan Tuanku Tambusai depan Hawai, Jalan Sudirman depan Sudirman City Square, dan depan Modelux.

Kondisi JPO ini kondisinya tidak hanya keropos dan berlubang, tetapi juga menjadi sasaran para pelaku kejahatan dengan mencuri bagian besi dari JPO.

Legislator DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan, secara tegas mengingatkan Pemko Pekanbaru untuk segera bertindak mengatasi masalah ini.

“Jangan sampai menunggu makan korban, baru diperbaiki,” ujarnya, Senin 26 Februari 2024.

Kendala terkait serah terima aset dari swasta menjadi faktor yang disebutkan oleh Nurul Ikhsan sebagai penyebab lambatnya penanganan.

Meskipun Dishub Pekanbaru memiliki kewenangan terhadap JPO, namun aset dari swasta belum diserahkan ke Pemko Pekanbaru.

“Maka kalau sudah seperti ini, kita desak Pemko ambil sikap. JPO ini berada di jantung kota, Pemko harus menunjukkan ketegasannya. Apalagi ini untuk masyarakat banyak,” ucap politisi Gerindra ini.

Dalam menjawab kritikan, Nurul Ikhsan menyarankan agar Pemko Pekanbaru segera mengambil langkah-langkah darurat, seperti menutup sementara akses naik JPO dan memasang spanduk peringatan mengenai kerusakan JPO yang membuatnya tidak aman untuk digunakan.

Pentingnya mengantisipasi pencurian besi dari JPO juga disoroti, dengan harapan agar Pemko Pekanbaru dapat berkoordinasi dengan Kepolisian setempat untuk mencegah tindakan kriminal tersebut.

“Tidak hanya tiga JPO ini yang diperhatikan. Tapi semua JPO yang ada di Kota Pekanbaru harus diawasi kondisinya,” tandas Nurul Ikhsan.

Exit mobile version