Berita

Jemaah Haji Akan Dilayani Robot untuk Bagi – bagi Zamzam

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Jemaah haji akan dilayani oleh robot untuk memenuhi kebutuhan air Zamzam jemaah. Pemerintah setempat memberi kuota sebanyak 60.000 ribu jamaah haji yang berasal dari dalam negeri.

Penggunaan robot dimaksudkan untuk mengurangi kontak antar manusia, sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Bader Al-Loqmani, yang mengelola sumber mata air zamzam, menuturkan, bahwa robot, berwarna hitam dan putin itu, memiliki tiga rak botol air. Robot itu akan berkeliling Masjidil Haram sembari membawa botol-botol berisi air zamzam.

“Tujuan dari robot ini adalah untuk memberikan layanan pribadi tanpa kontak manusia,” ucapnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat, 18 Juni 2021, dikutip dari okezone.com.

“Sekitar 20 robot saat ini tersedia untuk membantu pengunjung dan jemaah haji,” sambungnya. Dia mencatat bahwa lebih banyak robot yang akan diterjunkan, jika memang diperlukan.

Selama berabad-abad, para jamaah haji berbondong-bondong untuk meminum air Zamzam dari mata airnya secara langsung, yang dipandang sebagai keajaiban dalam tradisi Islam. Ratusan ribu botol air Zamzam biasanya dibagikan setiap tahun.

Saudi sendiri diketahui hanya mengizinkan 60 ribu orang untuk berhaji tahun ini. Mereka yang diizinkan untuk berhaji adalah warga negara atau pemegang status kependudukan yang tinggal di dalam haji. (bpc2)