Berita

Inilah Menu Sarapan yang Dianjurkan Dokter, Salah Satunya Kacang Hijau

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Dalam dunia kesehatan, sarapan pagi memang sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Orang yang tidak pernah sarapan pagi akan lebih rendah mengidap penyakit.

Namun demikian, jenis menu sarapan pagi juga menentukan. Dengan kata lain, tidak semua menu cocok untuk dijadikan menu sarapan pagi. 

Di Pekanbaru misalnya, kita seringkali menemukan menu sarapan yang dijajakan yakni lontong, bubur ayam, nasi kuning dan jenis makanan lainnya yang cenderung lebih kepada makanan berat.

Menurut dokter spesialis gizi klinis, dr Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, sarapan seperti itu bukan menu yang sehat untuk dijadikan sarapan pagi, karena cenderung memiliki indeks glikemik tinggi.

Dia menjelaskan, jika tubuh terlalu sering diasupi jenis makanan tersebut terutama saat sarapan, cenderung akan meningkatkan gula darah secara tinggi lalu langsung turun secara drastis setelah beberapa jam.

Itulah mengapa semakin berat menu sarapan kita, semakin cepat rasa lapar menghampiri. Lagi pula, jenis menu sarapan seperti itu cenderung akan membuat kita mudah mengantuk.

“Apalagi cenderung menambah gorengan di mana artinya menambah asupan kalori berlebihan. Tentunya akan menyebabkan peningkatan berat badan dan berisiko obesitas,” sebutnya seperti dikutip dari REQNews.com, rabu, 27 Oktober 2021.

Dia merekomendasikan menu yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan, yakni makanan dengan jenis karbohidrat kompleks dan rendah lemak. Seperti smoothies, bisa dibuat dengan paduan susu dan buah. 

Lalu pilih susu rendah lemak karena susu sebagai sumber protein. Sementara sumber karbohidrat lainnya dari tambahan buah dan sayur. Disarankan mengambil beberapa sendok yogurt sebagai sumber probiotik.

Lalu bubur kacang hijau juga pilihan terbaik untuk sarapan, karena sebagai sumber protein nabati. Kacang hijau juga kaya akan lemak baik, dan tinggi antioksidan serta mengandung karbohidrat kompleks. Namun, jangan menambah gula terlalu banyak ke dalam penyajiannya.

Selain itu, roti gandum juga bisa menjadi pilihan. Sebab roti gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang menekan rasa lapar lebih lama. 

Tambah sumber protein dari kuning telur dan tumpuk dengan timun serta selada sebagai sumber serat. Boleh tambahkan beberapa sendok saus namun jangan berlebihan. (bpc2)