Ini Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Menurut Psikiater

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Manusia adalah tempatnya salah, lupa dan juga dosa. Namun hal ini terkadang menjadi sesuatu hal yang dipandang negatif bagi sebagian orang.

Hal tersebut bagi sebagian orang bisa menimbulkan rasa benci pada dirinya sendiri dan sulit berdamai dengan dirinya karena melabelkan dirinya sebagai pribadi yang jelek, negatif dan menyesali segala perbuatannya yang sudah dilakukannya.

Menurut Psikiater dr Ida Rochmawati hal itu wajar jika sesekali anda rasakan, namun jika kondisi itu terus-terusan berlarut hal itu akan berdampak pada kualitas hidup anda sendiri.

Agar hal tersebut tidak muncul, anda harus bisa belajar damai dengan diri anda sendiri sebelum bisa berdamai dengan orang lain. Berikut caranya agar bisa berdamai dengan diri sendiri.

1. Sadari bahwa kamu hanya manusia biasa tempatnya salah dan lupa, karena setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan. Kekurangan bukanlah kesalahan, kesalahan bukan juga kejahatan, namun itu semua adalah proses memahami kebenaran.

2. Segala sesuatu yang terjadi tidak pada kendalimu, termasuk hal yang kamu anggap buruk atau bodoh. Karena pada dasarnya tidak ada seorangpun yang punya niat menjerumuskan dan menyakiti dirinya sendiri.

3. Maafkan dirimu atas keputusan yang salah di masa lalu karena itu adalah keputusan terbaikmu pada masa itu dan tak perlu menghakimi logika masa lalu dengan logika masa kini.

4. Sadari energimu terbatas untuk digunakan menyalahkan dirimu dan menyesali masa lalu dengan berfikir “andai dulu tidak begitu, pasti sekarang tidak begini”. Gunakan energimu untuk fokus hari ini dan disini serta simpan untuk masa depan.

Dan bila akibat perbuatanmu masa lalu berdampak di masa kini, terimalah. Ini adalah proses pengkayaan mu untuk menemukan makna diri. Sehingga hal ini akan membuatmu menjadi lebih bijak dan dewasa.***[Heri]

Exit mobile version