Indonesia Ucapkan Keprihatinan atas Musibah Jatuhnya Helikopter yang Membawa Presiden Iran

Indonesia Ucapkan Keprihatinan atas Musibah Jatuhnya Helikopter yang Membawa Presiden Iran

Helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi lepas landas di perbatasan Iran dengan Azerbaijan. (AP Photo/AP Photo)

BERTUAHPOS.COM – Pemerintah Republik Indonesia menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah jatuhnya helikopter yang membawa Presiden Iran Ebrahim Raisi, Minggu 19 Mei 2024.

Ucapan belasungkawa ini disampaikan melalui Kementerian Luar Negeri RI lewat akun media sosial X, pada Senin 20 Mei 2024.

“Pemerintah Indonesia mengikuti dengan penuh keprihatinan musibah yang menimpa helikopter yang membawa Presiden Iran, Y.M Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran, Y.M Hossein Amir-Abdollahian, dan para delegasi yang menyertainya,” tulis Kemenlu RI.

Kemenlu juga menyatakan harapan agar musibah tersebut segera menemukan titik terang.

“Teriring doa untuk seluruh masyarakat Iran agar musibah tersebut bisa segera menemukan titik terang,” lanjut pernyataan tersebut.

Menurut laporan Associated Press, helikopter tersebut membawa Presiden Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian, Gubernur Provinsi Azerbaijan Timur, dan sejumlah pejabat serta pengawal lainnya.

Raisi dikabarkan menumpang helikopter itu setelah meresmikan sebuah bendungan di perbatasan Iran-Azerbaijan bersama Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev.

Kantor berita Pemerintah Iran, IRNA, melaporkan bahwa helikopter diduga jatuh atau mendarat darurat di hutan Dizmar antara Kota Varzaqan dan Jolfa di Provinsi Azerbaijan Timur, dekat perbatasan Iran dengan Azerbaijan.

Menteri Dalam Negeri Iran Ahmad Vahidi awalnya menyebutkan bahwa helikopter terpaksa mendarat darurat karena cuaca buruk dan kabut tebal.

Pihak berwenang Iran mengungkapkan bahwa lokasi kecelakaan berada di area pegunungan dan hutan dengan kabut tebal yang menghambat pencarian dan penyelamatan.

Pencarian dilakukan lewat darat karena cuaca tidak memungkinkan penggunaan drone.

Kejadian tragis ini menimbulkan duka mendalam tidak hanya bagi masyarakat Iran tetapi juga komunitas internasional yang mengikuti perkembangan musibah ini.

Exit mobile version