Berita

Dinkes Pekanbaru Buka Vaksinasi Booster Tahan Dua untuk Lansia

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Pekanbaru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pekanbaru mulai memberikan penyuntikan vaksin booster tahap kedua untuk warga yang sudah berusia lanjut (Lansia).

dr Zaini Rizaldi Saragih, Dinkes Pekanbaru menerangkan Lansia yang ingin mendapatkan booster tahap dua dapat mengunjungi Puskesmas, rumah sakit dan Mal Vaksinasi.

“Itu bisa diakses atau didapatkan oleh masyarakat secara gratis,” katanya, Jumat 25 November 2022.

Pria yang biasa disapa dengan panggilan dr Bob ini menuturkan untuk ketersediaan vaksin di Pekanbaru saat ini sangat cukup untuk melayani booster kedua bagi lansia.

“Tapi vaksin ini sekarang kita tempatkan di provinsi. Karena saat ini kan di lapangan antusias masyarakat itu kurang. Jadi kalau memang ada masyarakat yang mau, kita tinggal minta ke provinsi,” jelas dr Bob.

Alasan saat ini vaksinasi ditempat di provinsi untuk menjaga kandungan yang ada di dalam cairan vaksin dan juga memperpanjang masa kadaluarsa vaksin.

Untuk bisa bertahan lebih lama, vaksin harus disimpan di suhu minus 70 derajat celsius. Dan jika vaksin tidak disimpan di suhu yang sangat dingin, maka berakibat vaksin dapat rusak dan tidak lagi bisa digunakan.

“Selain itu, tempat penyimpanan vaksin kita juga terbatas, makanya kita tempatkan di provinsi. Kalau ada yang mau (divaksin), kita tinggal minta sesuai kebutuhan,” tutupnya