Berita

Demokrat Pekanbaru Tolak Pemilu Proposional Tertutup

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tengku Azwendi Fajri, Ketua DPC Demokrat Kota Pekanbaru menolak sistem proporsional tertutup dan pemilihan calon legislatif pada Pemilu 2024.

Pasalnya jika menggunakan sistem proporsional tertutup, pemilihan hanya berdasarkan logo partai dan bukan nama calon legislatif.

“Dari Partai Demokrat itu sendiri, kami berharap sistem proporsional tetap terbuka,” katanya, Senin 6 Februari 2023.

Azwendi menyadari bahwa ia tidak dapat mencampuri sistem pemilu proporsional tertutup yang saat ini sedang ditinjau kembali oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Namun, partai Demokrat tetap menyatakan penolakannya terhadap sistem proporsional tertutup melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Dalam gugatan MK itu, memang tingkat DPC Demokrat Kota Pekanbaru tidak sejauh bisa memberikan kontribusi. Kami hanya memberikan support dan dorongan melalui DPD dan juga DPP agar Pemilu kedepan bisa dilakukan secara terbuka,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru ini menambahkan, Partai Demokrat siap menerima segala dinamika yang terjadi apabila sistem proporsional tertutup bakal diterapkan pada Pemilu 2024.

“Kalau seandainya nanti tertutup, tentu jajaran DPC Demokrat harus mempersiapkan strategi-strategi lain yang akan kita hadapi dengan tata cara pemilihan dengan sistem tertutup,” tutupnya.