Curah Hujan Tinggi, Riau Bagian Utara Berpotensi Banjir dan Longsor

Curah Hujan Tinggi, Riau Bagian Utara Berpotensi Banjir dan Longsor

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Curah hujan yang tinggi di Provinsi Riau bagian utara, khususnya di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu (Rohul), berpotensi menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Baru-baru ini, bencana longsor terjadi di Jalan Lintas Riau – Sumbar, tepatnya di Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, serta di Jalan Lintas Lubuk Bendahara menuju Kelurahan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, mengungkapkan bahwa curah hujan di wilayah utara Riau masih cukup tinggi.

“Saat ini wilayah utara Riau seperti Kampar dan Rohul itu masih cukup tinggi,” kata Edy Afrizal dalam keterangannya, Kamis 22 Agustus 2024.

Edy Afrizal mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi bencana longsor ini.

“Karena bencana ini bisa datang kapan saja di waktu yang tak disangka. Apalagi saat ini wilayah provinsi tetangga yakni Sumatera Barat (Sumbar) sedang musim penghujan, tentu masyarakat perbatasan Sumbar harus waspada terhadap banjir kiriman dari sana,” ujarnya.

Edy Afrizal menambahkan pentingnya kewaspadaan, terutama saat bepergian di wilayah yang rawan bencana.

“Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada jika melakukan perjalanan di wilayah tersebut dan selalu memantau perkiraan cuaca dari BMKG,” tutupnya.

Exit mobile version