Berita

Covid-19 Melandai, Festival Pulau Rupat Digelar Secara Hybrid, Pengunjung Dibatasi Hanya 50%

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Pergelaran festival Pulau Rupat pada 23-25 Oktober 2021 mendatang bakal digelar secara hybrid (secara maya dan tatap muka). Festival ini merupakan salah satu dari sekian agenda kepariwisataan yang akan dilaksanakan di tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau Roni Rakhmat mengungkapkan, pada festival kali ini mengangkat tema; Culture Paradise yang juga disiarkan secara live di kanal Youtube Pariwisata Riau. “Festival ini akan menampilkan bagaimana pesona kawasan wisata bahari di Pulau Rupat Utara, Bengkalis,” tuturnya.

Adapun sejumlah rangkaian acara yang merupakan bagian dari festival, yakni lari 10 KM, fesyen show, pameran fotografi, seni pertunjukan menampilkan, RDP and The Syndicate, Sanggar Sri Melayu. 

Selain itu, juga ada penampilan pelaku Ekraf lainnya yakni, Dristik Hip Hop, Jass Manggoo, Nurul Arief, Putri Kencana, Omok, dan atraksi zapin api. “Covid-19 sudah melandai, tapi kami sadar bahwa semua itu belum usai. Tapi sektor pariwisata tetap harus bangkit,” tuturnya.

Dia mengungkapkan segala fasilitas dan keperluan yang berkaitan dengan protokol kesehatan dipastikan selalu tersedia, seperti tempat untuk mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan setiap pengunjung diwajibkan mengenakan masker tanpa terkecuali.

Roni memastikan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah wisatawan yang boleh hadir secara langsung dalam pergelaran bergengsi ini dibatasi hanya 50%.

Pergelaran kepariwisataan ini difokuskan pada 2 lokasi destinasi wisata bahari, yakni di Pantai Lapin dan Mercusuar, Kecamatan Rupat Utara. Dua lokasi ini tepat berada di bibir pantai berpasir putih, di tepian Selat Malaka, berseberangan langsung dengan Port Dickson Malaysia. (bpc2/Melba)