Berita

Bobol Rekening Rp3,2 Miliar, Mantan Manajer BJB Pekanbaru Ditangkap

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Tim dari Polda Riau tangkap seorang mantan manajer Bank  BJB Cabang Pekanbaru berinisial IOG ditangkap di Jakarta. IOG ditangkap polisi setelah dirinya diduga telah membobol rekening nasabah dan membawa uang sebesar Rp3,2 miliar.

Menurut keterangan polisi, pelaku tak lain adalah teman dekat korban bernama Arif Budiman. Tersangka memanfaatkan buku rekening korban untuk melakukan transaksi pencairan cek dari beberapa rekening giro milik korban.

“Kejadiannya di awal 2020. Korban melalui mengetahui bahwa telah terjadi transaksi pencairan cek dari beberapa rekening giro perusahaan miliknya yang dilakukan tanpa seizin dan persetujuan dirinya,” kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, 24 Juni 2021.

Dia menambahkan, dengan dasar itu serangkaian kegiatan penyelidikan dilakukan lalu ditingkatkan ke tahap penyidikan. Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap 22 saksi termasuk saksi ahli perbankan dari OJK.

Dari keterangan saksi, bukti dokumen serta hasil pemeriksaan laboratorium forensik, penyidik menemukan fakta terjadinya transaksi 9 lembar cek yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah.

Berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, penyidik telah menetapkan 2 orang tersangka yakni IOG, yang merupakan mantan Manajer Bisnis Komersial dan TDC selaku petugas Teller Bank BJB Cabang Pekanbaru.

“Tersangka TDC selaku Teller menuliskan dan menirukan tanda tangan nasabah pada cek atas perintah tersangka IOG untuk selanjutnya melakukan transaksi penarikan dari rekening Giro tanpa melakukan verifikasi yang menjadi syarat formil kelengkapan cek dan memberikan uang dari pencairan kepada IOG,” ungkapnya. (bpc2)