Berita

Belum Semua Warga di Riau Bisa Menikmati Listrik, Pemprov Riau Sebut Ini Masalah Dana & Medan yang Berat

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Hingga tahun 2022, di tengah perkembangan teknologi bisa diakses dengan mudah hanya dengan melalui perangkat smartphone, ternyata masih ada banyak masyarakat di Riau yang belum bisa menikmati listrik.

Menurut data tahun 2021 yang diungkapkan oleh Kepala ESDM Provinsi Riau Evarefita, jumlah kepala keluarga di Riau yang sudah bisa menikmati listrik sebanyak 1,9 juta KK atau 92,3 persen.

Sedangkan, masih ada 153 ribu KK yang belum bisa menikmati aliran listrik di rumah-rumah mereka. “Jumlah itu tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Riau,” kata Eva. “RE tertinggi di Siak.”

Dia mengungkapkan, kendala terbesar dihadapi Riau untuk mengaliri listrik ke rumah-rumah warga tak lain peroalan ketersedia dana yang masih terbatas. Selain itu, medan yang berat juga turut menjadi kendala yang harus dihadapi.

“Medan kita di Riau kan sangat sulit sekali. PLN sendiri pun mengakui. Jadi kalau dibilang di Kampar, apalagi Inhil dan daerah lain di Riau yang belum teraliri listrik, ya memang ada,” ujarnya.

Sebelumnya, Eva juga mengatakan bahwa data yang dimiliki Pemprov Riau dan PLN tentang rasio elektrifikasi, berbeda. PLN mengalukan pendataan berdasarkan pelanggan KWh, sedangkan Pemprov Riau melakukan pendataan bersasarkan KK.

“Data RE kita dengan RE PLN itu beda. Di PLN jika ada satu kantor desa yang sudah dialiri listrik, maka desa itu sudah dianggap berlistrik,” terangnya. (bpc2)