Berita

Barang – Barang Perawatan Pribadi Mahal, Riau Inflasi 0,08%

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat pada Mei 2021, Riau mengalami inflasi sebesar 0,08%.

Kepala BPS Provinsi Riau Misparuddin mengungkapkan inflasi terjadi di 3 kota di Riau yang masuk dalam pantauan inflasi, yakni Kota Pekanbaru, Dumai dan Tembilahan.

Dia menambahkan, inflasi yang terjadi karena ada peningkatan IHK (Indeks Harga Konsumen) dari 105,55 pada April 2021 menjadi 105,63 pada Mei 2021. 

“Sedangkan, tingkat inflasi tahun kalender sebesar 0,45% dan secara Year on Year sebesar 1,82%,” katanya, Rabu, 2 Juni 2021.

Inflasi terjadi karena adanya peningkatan harga yang ditunjukkan oleh naiknya tujuh indeks kelompok pengeluaran.

Diantaranya kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,91%, diikuti kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,32%, lalu kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,23%.

Inflasi di Riau pada Mei 2021, juga disebabkan naiknya bahan – bahan pada kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,21%, kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,12%, kelompok transportasi sebesar 0,10% dan kelompok kesehatan sebesar 0,05%.

“Beberapa komoditas yang memberikan andil kenaikan harga pada Mei 2021, antara lain emas perhiasan, minyak goreng, bayam, kentang, ikan serai, tomat, daging ayam ras, telur ayam ras, wortel, jengkol, bawang merah,” jelasnya.

Selain itu, ada pula kelompok yang terpantau mengalami deflasi, yakni kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar -0,11%, kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar -0,09% dan kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar -0,04%. 

Sedangkan, satu kelompok lainnya yaitu kelompok pendidikan relatif stabil dibanding bulan sebelumnya.

Adapun komoditas yang memberikan andil penurunan harga, antara lain cabai merah, cabai rawit, daging sapi, batu bata, cabai hijau, petai. (bpc2)