Berita

Bapenda Riau Laporkan Realisasi Pajak Kendaraan Bermotor Belum Capai Target

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau melaporkan angka realisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) belum capai target. Tercatat per 22 Desember 2021, total angka realisasi mencapai 94% atau Rp1,1 triliun dari target Rp1,2 triliun.

Kepala Bapenda Provinsi Riau Syahrial Abdi mengatakan, sejak awal Riau sudah berkomitmen untuk mengoptimalkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Jika dilihat dari angka realisasi PKB, masih perlu optimalisasi pendapatan, “sebab itu kami mendorong kepada UPT di kabupaten/kota untuk memaksimalkan pelayanan dalam sisa waktu ini menjelang tutup tahun,” ujarnya, Jumat, 24 Desember 2021.

Dia menambahkan, dengan sisa waktu yang ada target realisasi PKB seharusnya bisa tercapai. Namun semua itu tergantung dari upaya yang akan dilakukan oleh UPT Dispenda Riau di kabupaten/kota. “Masih ada sisa waktu seminggu ke depan. Kami berharap target angka realisasi pajak tercapai, paling tidak mendekati,” sebutnya.

Syahrial juga menyebut bahwa sejauh ini upaya untuk mengejar target PKB juga sudah dilakukan secara optimal. Syahrial juga mengimbau kepada masyarakat untuk sesegera mungkin memanfaatkan waktu tersisa untuk menyelesaikan urusan perpajakan kendaraan bermotor mereka.

“Insya Allah kita upayakan target PKB bisa tercapai. Kawan-kawan UPT saat ini sedang memaksimalkan pelayanan, dan mengimbau masyarakat untuk segera membayar pajak kalau sudah jatuh tempo, supaya tidak jadi denda tahun depan,” sebutnya. (bpc2)