Berita

Audit Dana Haji, PKS: Untuk Hilangkan Fitnah

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid (HNW) mengatakan tuntutan untuk audit dana haji semakin meluas di masyarakat.

Menurut HNW, tidak ada salahnya jika kini dilakukan audit dana haji, meski Menag Yaqut dan Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) telah menjamin dana haji aman. Menurut HNW, dengan audit, maka akan memastikan transparan dana haji.

Selain itu, dengan adanya audit dana haji ini, maka akan menghilangkan fitnah dan memastikan keamanan dana haji.

“Tuntutan unt audit dana haji makin meluas.Sekalipun sudah ada jaminan dari Menag dan Kepala BPKH bahwa dana haji aman. Untuk hilangkan fitnah, dan pastikan keamanan dana haji, baiknya secara transparan BPK segera audit dana haji, dg dukungan BPKH&Kemenag,” tulis HNW di akun twitternya, @hnurwahid, Seni 7 Juni 2021.

Sebelumnya, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas memastikan dana pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) aman.

Menurut Yaqut, calon jemaah haji memiliki dua pilihan terkait dana Bipih yang telah disetorkan. Pertama, calon jemaah akan dialihkan kembali ke musim haji berikutnya, yakni tahun 2022/1443 H.

Kemudian, pilihan kedua, calon jemaah dapat meminta kembali dana pelunasan Bipih yang telah disetorkan.

“Jadi uang jemaah aman. Dana haji aman. Indonesia juga tidak punya utang atau tagihan yang belum dibayar terkait haji. Info soal tagihan yang belum dibayar itu hoax,” jelas Yaqut dalam keterangan persnya, Kamis 3 Juni lalu. (bpc4)