Berita

AS Akan Lakukan Serangan Neptus 22, di Tengah Ketegangan dengan Rusia

Share

BERTUAHPOS.COM — AS akan lakukan Serangan Neptus 22 — sebutan untuk latihan perang NATO yang akan digelar pada 24 Januari 2022. Mereka sudah umumkan rencana itu, pada Jumat, 21 Januari 2022.

Ini akan menjadi latihan perang dalam skala besar. Lokasinya di Mediterania. kapal induk USS Harry Truman akan diturunkan.

Menariknya, latihan perang AS ini dilaksanakan di tengah ketegangan dengan Rusia. Rusia dikabarkan juga akan melakukan latihan perang laut, di waktu yang sama. Senin besok.

Straits Times, melaporkan ‘Serangan Neptunus 22’ digelar sampai 4 Februari. Latihan perang ini, tak ubahnya sebuah suguhan kekuatan NATO mengintegrasikan serangan maritim kelas atas dari serangan kapal induk.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, mereka sudah lama lakukan persiapan latihan. Bahkan sejak 2020 lalu. 

Secara tersirat, dia ingin menyebut bahwa AS membantah, latihan perang
skala besar ini, berkaitan dengan situasi tak harmonis dengan Rusia yang sewaktu-waktu dapat menyerang Ukraina.

Moskow telah mengumpulkan puluhan ribu tentaranya di perbatasan dengan Ukraina.

Namun ‘Serangan Neptunus 2022’ tidak muncul dalam daftar latihan terjadwal untuk 2022 yang diterbitkan oleh NATO di situs webnya pada 14 Desember 2021 lalu.

“Latihan itu sendiri tidak dirancang untuk melawan skenario yang mungkin terjadi sehubungan dengan Ukraina. Hanya untuk menguji kemampuan maritim,” ujarnya.

Namun, pengumuman rencana latihan ini dikeluarkan AS sehari setelah Rusia umumkan akan menggelar latihan perang angkatan laut mereka, yang melibatkan 140 kapal perang, melibatkan 10.000 tentara.

Rusia akan latihan di Atlantik, Arktik, Pasifik, termasuk Mediterania, tempat AS juga akan melakukan latihan perang. (bpc2)