Berita

Aquascape Masih Jadi Bisnis Menjanjikan di Pekanbaru

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Aquascape ternyata masih menjadi bisnis yang menjanjikan di Kota Pekanbaru. Peluang ini lah yang ditangkap oleh Adi, pengelola Toko Aqua Deal di Jalan Angsa 1 Sukajadi, Pekanbaru, Riau.

Aquascape dikenal sebagai seni menghias aquarium, dengan teknik menggabungkan berbagai komponen tanaman dengan pernak pernik laut, seperti pasir, batu, kayu dan lain-lain, sehingga indah dipandang mata.

“Aquascape mulai populer itu sejak pandemi Covid-19, atau sekitar 2 tahun lalu. Mungkin karena orang banyak dirumah saja jadi mereka mendapat hobi baru dengan aquascape,” katanya.

Dia mengatakan, ada banyak model aquascape. Seperti iwagumi, rock, air terjun dan sebagainnya. Untuk jenis ikan biasanya yang berukuran kecil seperti cardinal tetra, guppy, neon tetra, red nose, bahkan ada yang mencampur dengan udang hias.

Adi menjelaskan kalau membuat aquascape, modalnya lebih mahal dibanding aquarium biasa. Hal itu dikarenakan komponen-komponen yang dibutuhkan juga beragam.

Di tokonya harga komponen-komponen pendukung untuk aquascape mulai dari harga Rp20 ribu untuk jenis kayu, ikan hias mulai dari Rp10 ribu 3 ekor, ada yang Rp5 ribu satu ekor, udang hias Rp10 ribu 3 ekor. 

“Belum lagi filter, tanaman hidup mulai Rp10 ribu, dan tambah kipas serta alat CO2 ya lumayan harganya untuk pemula,” katanya.

Meski begitu ada saja yang membeli komponen-komponen itu di Aqua Deal. Hal itu kemungkinan disebabkan masih banyak yang penasaran dengan aquascape, atau mungkin mereka memang hobi. 

Adi menyarankan untuk pemula aquascape sebaiknya memulai dari dasar, jangan terburu-buru ingin hasil yang langsung bagus.***