Berita

Angka Kasus Positif Harian di Riau Tinggi, Jubir Covid-19 Riau: Kemungkinan Besar Delta

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Riau dokter Indra Yovi menduga tingginya angka kasus positif corona di Provinsi Riau saat ini, sangat dimungkinkan akibat penyebaran Covid-19 varian delta.

“Sekarang yang terkonfirmasi Covid-19 itu kalau sudah di atas angka 500 kasus per hari, kemungkinan besar varian delta. Namun untuk shahihnya, tentu harus diuji laboratorium,” terangnya dalam konferensi pers secara virtual di Pekanbaru, Selasa, 27 Juli 2021. 

Namun yang menjadi kendala, kata dia, hasil pengecekan dari sampel yang dikirim ke laboratorium di Jakarta membutuhkan waktu yang sangat lama. Sedangkan penyebaran virus corona varian delta sangat cepat.

Baca: Kebakaran Pabrik Ban Bekas Belum Berhasil Dijinakkan, Damkar Pekanbaru: Yang Terbakar Karet

Indra Yovi lalu membandingkan antara Covid-19 varian original dari Wuhan dengan varian delta, di mana, kata dia, tingkat penularan Covid-19 varian original hanya hanya menularkan 1 – 3 kasus. Sedangkan Covid-19 varian delta bisa menularkan 8 – 10 kasus.

Oleh sebab itu, dia menegaskan, yang terpenting saat ini bukan lagi disibukkan dengan corona jenis varian apa yang tengah mewabah di Riau, melainkan masyarakat sudah harus bersikap waspada dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat.

“Sejak awal saya sudah bilang, tingkat psikologis di Pekanbaru itu diangka 500 per hari penyebarannya, sedangkan di Riau tingkat psikologisnya di angka 1.000 per hari. Kalau sudah menyentuh angka itu semuanya langkah sudah harus dimaksimalkan,” terangnya. (bpc2)