Berita

Agar Akun Instagram Anda Tak Mudah Hacker

Share

BERTUAHPOS.COM Instagram salah satu jenis sosial media yang paling banyak digandrungi. Instagram dan Facebook kini memang satu pemilik. Bahkan keduanya bisa saling terkoneksi satu sama lain.

Agar akun Instagram tetap aman demi kenyamanan kamu sebagai penggunaan, maka penting bagi kamu untuk memperhatikan hal – hal kecil. Hal – hal kecil yang justru dianggap tidak begitu penting.

Faktanya saat ini ada banyak akun Instagram yang akhirnya dibobol oleh pihak yang tak bertanggung jawab, tentu saja untuk keuntungan pribadi, atau bahkan pencurian data.

Berikut ini cara mengamankan akun Instagram Anda, setidaknya dapat meminimalisir terjadinya pembobolan.

  1. Gunakan password yang kuat dan ubah berkala

Memiliki password atau kata sandi yang lemah adalah incaran empuk bagi hacker untuk meretas akun. Untuk itu, pilih password unik dan buat berbeda dengan akun media sosial lainnya.

  1. Aktifkan two-factor authentication

Two-factor authentication atau otentikasi dua faktor berfungsi untuk menambahkan lapisan pertahanan dari bobolan peretas. Cara kerjanya mengharuskan pengguna memverifikasi identitas lewat kode keamanan.

  1. Pastikan akun email aman

Akun email akan selalu ditautkan pada akun Instagram sebagai akses masuk. Bayangkan saja jika orang asing memiliki akses masuk ke email, dengan mudah ia akan punya akses ke semua media sosial yang terhubung pada email.

  1. Hapus akun yang tidak dikenal dalam daftar teman

Apabila menginginkan banyak followers di Instagram maka akan diikuti banyak orang yang mungkin tidak Anda kenal. Hal tersebut dapat berisiko pada penguntitan, menerima komentar tidak pantas, dan lain sebagainya.

  1. Cabut akses ke aplikasi pihak ketiga yang mencurigakan

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang meminta akses ke data Instagram atau aplikasi lainnya. Sebelum mengizinkan permintaan akses, pertimbangkan bahwa besar kemungkinan data pribadi Anda dapat dicuri atau disalahgunakan. (bpc2)