3 Kapal Akan Layani Pemudik di Pelabuhan Sungai Duku

Pemudik Padati Pelabuhan Sungai Duku, Jelatik Penuh Dihari Terakhir Keberangkatan

Kapal Motor Jelatik yang bersandar di Pelabuhan Sungai Duku, Kota Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Dinas Perhubungan (Dishub), melakukan serangkaian persiapan menjelang Hari Raya IdulFitri 1445 H/2024 M.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah pengecekan kelayakan moda transportasi laut untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik.

“Untuk kelayakan kapal, itu sudah kami periksa. Semuanya layak untuk dijadikan angkutan lebaran,” ungkap Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, melalui Kepala Bidang Angkutan, Khairunnas, Rabu 3 April 2024

Menurut Khairunnas, terdapat tiga kapal yang akan dioperasikan untuk melayani pemudik, antara lain Kapal Meranti, Naga Line, dan Jelatik dengan rute tujuan Selat Panjang.

Dalam perkiraannya, Khairunnas menyebutkan bahwa pada Idulfitri tahun ini, diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Sungai Duku sekitar 10 hingga 15 persen dari hari biasanya.

Hal ini sejalan dengan lonjakan penumpang yang terjadi pada momen Natal tahun sebelumnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, pihak Dishub telah berkoordinasi dengan operator kapal untuk menyiapkan angkutan darat dari Sei Duku ke Pelabuhan Buton, Siak.

“Kita minta sama operator kapal, kalau seandainya kapal tidak cukup, tolong carikan bus untuk ke Buton. Ketika ada lonjakan, penumpang bisa diangkut dan diberangkatkan dari Buton dengan ongkos yang sama,” tambah Khairunnas.

Exit mobile version