Berita

13 Jalur Akan Berlaga Di Hari Final, Kecamatan Hulu Kuantan Utus 3 Jalur

Share

BERTUAHPOS.COM, KUANSING – Sebanyak 13 buah jalur di hari terakhir yang akan berlaga untuk menjadi sang juara di Festival Pacu Jalur Tradisional (FPJT) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Tahun 2023 di Tepian Narosa Teluk Kuantan telah memasuki hari terakhir.

Adapun ke 13 jalur yang berhasil masuk tersebut, sebanyak 10 jalur dari Kabupaten Kuansing dan 3 jalur dari Kabupaten Indragiri, yakni:

1. Olang Buas Sahabat Idham Kholid A MA dari Desa Kuantan Tenang Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri

2. Langkah Siluman Buayo Danau PMRJ Komjen Gatot Eddy Pramono dari Desa Sitorajo Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

3. Tuah Keramat Bukit Embun CV Cucu Mutia Bersaudara Dodi Irawan Bakaghojo dari Desa Gumanti Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri

4. Seroja Indah Rawang Duri Rafdi Family DPMPTSP Kuansing dari Desa Kampung Tengah Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

5. Cakaran Garuda Muda KONI Riau Sekda Riau dari Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

6. Selendang Putie Bukit Keramat Karang Taruna Kuansing PT Gemah Ripah Semesta dari Desa Teluk Beringin Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

7. Siposan Rimbo BPKAD Kuansing Petunjukmu Grup dari Desa Pauh Angit Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

8. Bintang Emas Cahaya Intan Pemuda Batak Kuansing dari Desa Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

9. Tanjung Ghasau Benteng Batuah dari Desa Pematang Benteng Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Indragiri

10. Alam Cahayo Tuah Nagoghi Zukri Bupati Pelalawan dari Desa Sikakak Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

11. Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo Putra Mandiri Group dari Desa Pulau Jambu Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

12. Upae Saghok Ghimbo Dusun RM Setia Kawan dari Desa Kepala Pulau Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

13. Singa Kuantan Klinik Al Mafazh dari Desa Sungai Pinang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing)

Dari 13 buah jalur yang tersisa yakni Kecamatan Hulu Kuantan sebanyak 3 jalur, Gunung Toar sebanyak 1 jalur, Kuantan Tengah 1 jalur, Pangean 1 jalur, Kuantan Hilir sebanyak 2 jalur, Cerenti 2 jalur. Sementara Kabupaten Indragiri memiliki 3 jalur, yakni Kecamatan Rakit Kulim 1 jalur, Peranap 1 jalur, serta Batang Peranap 1 jalur.

Untuk di hari terakhir kecamatan Hulu Kuantan menjadi yang terbanyak yakni 3 buah jalur yang masuak di hari ke 5 untuk urusan Kuansing.

” Alhamdulillah kecamatan Hulu Kuantan bisa mengurus 3 buah jalur yakni, Singa Kuantan desa sungai pinang, Bintang Emas Cahaya Intan desa tanjung dan Cakaran Garuda Muda KONI Riau dan juga dari desa sungai pinang, jadi dua jalur dari sungai pinang,” kata Camat Hulu Kuantan Azisman SST, Sabtu 26 Agustus 2023

Azisman beberapa ke 3 jalur dari kecamatan Hulu Kuantan melaju sampai ke partai Final nantinya.

” Tentu saya selaku camat berhatap jalur yang dari kecamatan Hulu Kuantan ini masuk di partai final nantinya, dan ini juga harapan masyarakat seluruh masyarakat Hulu Kuantan juga, saya berharap kepada masyarakat dan seluruh atlit pacuan yang ada di hulu kuantan agar selalu siap jika ketiga jalur ini nantik membutuhkan tenaga untuk berpacu nantinya, dan Insyaallah akan menjadi juara umum di tahun 2023 di tepian Narosa,” ungkap Azisman.

Di tempat terpisah Ketua Festival Pacu Jalur Tradisional Aherson menghimbau kepada seluruh jalur yang akan berhasil mendapatkan atau membawa pulang gelar Sang Jawara, itulah jalur nantinya yang terbaik. Dimana dalam suatu perlombaan, kalah dan menang adalah hal yang biasa.

“Tetap kompak, jaga keamanan dan ketertiban serta pererat tali silaturahmi antar sesama, karena pacu jalur ini merupakan kebudayaan yang harus terus kita jaga dan lestarikan,” tandas Aherson.***