SMAN 8 Pekanbaru Buka Kelas Siswa Berbakat Seni

Selasa, 11 Juni 2013 23:00
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Mulai tahun ajaran baru 2014 nanti SMAN 8 Pekanbaru membuka program kelas istimewa seni. Hal ini ditujukan untuk menggali potensi dan kembangkan bakat siswa yang memiliki bakat di bidang kesenian.
 
Pengkhususan kelas bagi siswa berbakat seni ini dilakukan mengingat banyak siswa SMAN 8 yang kerap menjadi peserta di ajang seni. Dengan pengkhususan kelas, para siswa diharap tidak lagi ketinggalan pelajaran ketika mereka mengikuti lomba. “Jadi ketika ada lomba, mereka bisa meninggalkan kelas tanpa ketinggalan materi pelajaran,” ungkap Kepala SMAN 8 Pekanbaru, Hasnidar kepada wartawan, kemarin.
 
Menurut Hasnidar, pengmbangan program kelas khusus itu bertujuan untuk mendorong siswa memiliki cerdas istimewa bakat istimewa. Rencananya, dalam satu kelas khusus ini akan diisi oleh 25 siswa saja. Program itu termasuk dalam kegiatan lintas minat dan bakat yang dilaksanakan di setiap hari Sabtu.
 
Kelas istimewa ini bergerak di bidang seni dengan menonjolkan budaya Melayu. Berbagai kegiatan seni itu juga merupakan  ekstrakurikuler yang dapat diikuti para siswa. Sementara itu, terkait pembiayaan, Hasnidar mengaku belum menetapkan. Menurutnya, pembiayaan tergantung pada pemeberdayaan potensi sekolah. Namun tetap mempertimbangkan pendapat komite sekolah.
 
Menurut dia, pembiayaan memang harus berdasarkan kesepakatan komite sekolah. Karena SMAN 8 Pekanbaru bukan lagi berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). “Harus disepakati dulu oleh komite sekolah,” papar Hasnidar. (pekanbaru.tribunnews.com)