Ramai-Ramai “Lawan” Firdaus, Pengamat: Gelanggang Politik Kian Panas

Rabu, 24 Februari 2016 17:41

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Kendati Pemilu daerah Kota Pekanbaru belum berlangsung. Namun sudah mulai ramai nama-nama yang dikabarkan siap maju menantang Firdaus MT yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Pekanbaru.

Menurut Pengamat politik, Yantos MSi ramainya nama yang mencuat jelang pemilihan Walikota (Pilwako) Pekanbaru 2017 hal yang lumrah. Apalagi mengingat masa jabatan pasangan Firdaus MT bersama Ayat Cahyadi tersisa kurang dari satu tahun lagi.

Selain itu, dengan banyaknya nama-nama yang mencuat calonkan diri sebagai Walikota Pekanbaru bisa upaya untuk saling memanaskan. “Banyaknya nama yang muncul tentu untuk memanaskan gelanggang politik,” katanya, Rabu (24/02/2016).

Menurut Yantos, muncul lebih awal diniatkan juga untuk melihat respon para calon pemilih pada pilkada nanti. “Di sana akan terlihat saling menarik simpati. Kalau incumbent jelas, akan mempromosikan prestasi-prestasi yang diraih selama pemerintahannya,” kata dosen pengampu mata kuliah Ilmu Politik Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska.

Baca: Tokoh Pendidikan Riau Sebut Memajukan Pendidikan Tidak dengan Spanduk ‘Lanjutkan’ Andi

Hanya saja calon walikota yang berasal dari incumbent selalu memiliki kelemahan. “Salah satunya masalah atau kasus hukum yang dialami. Itu akan dilihat lawan politik sebagai celah untuk mengalahkan incumbent,” tuturnya.

Untuk itu, Yantos berharap masyarakat bisa semakin kritis menilai calon yang bakal maju di Pilwako 2017 Pekanbaru. Tidak hanya sekedar melihat dari kedekatan kedaerahan atau janji-janji manis. “Lihat apa yang sudah diperbuat (incumbent) selama pemerintahannya. Kalau untuk nama-nama yang baru, silahkan lihat track and record dan kepeduliannya. Jangan sampai menyesal karena salah pilih,” tuturnya.

Selain itu anggota DPRD Riau, Septina yakni istri mantan Gubernur Provinsi Riau Rusli Zainal yang kalah pada persaingan empat tahun lalu dikabarkan bakal maju. Selain itu ada juga wajah baru, seperti Direktur Utama (Dirut) PD Pembangunan Pekanbaru, Heri Susanto menyatakan siap bersaing jika masyarakat memang meminta dirinya maju.

Bahkan ada pula dari perwakilan pemuda, Zulfan Hafiz yang tercatat sebagai anggota DPRD Pekanbaru. Bahkan sudah mendaftarkan diri ke DPC PDI-P Pekanbaru. Zulfan yang merupakan ketua DPD Nasional Demokrat (NasDem) Kota Pekanbaru tersebut, mencalonkan diri ke PDI Perjuangan.

Hanya saja, melihat peta politik sebelumnya. Kemungkinan seluruh nama-nama tersebut bertarung di Pilwako Pekanbaru 2017 kecil kemungkinan. Pada Pilwako tahun 2011, hanya ada dua pasangan yakni Firdaus MT-Ayat Cahyadi dan Septina Rusli-Erizal Muluk. Padahal sebelumnya ada banyak nama yang diisukan bakal bertarung

Penulis: Riki