Puncak Curah Hujan Dibulan April 2015

Share

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Meteoroligi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Riau memprediksi tahun ini ada dua puncak musim hujan, yakni bulan November 2014 dan April 2015.

“Untuk bulan November ini intensitas curah hujan lebih besar dari bulan April nanti,” ujar A Ardhitama, staf analisa BMKG, Kamis, (20/11/2014).

kepada bertuahpos.com, Ardhi mengatakan bahwa hampir terjadi diseluruh daerah di Provinsi Riau dengan intensitas curah huja ringan hingga sedang. Namun tetap ada di beberapa wilayah intensitas curah hujan lebat. Bahkan di beberapa tempat mengalami banjir dan rawan longsor.

“Secara umum di Riau curah hujan rata di semua daerah dengan intensitas ringan sampai sedang. Tapi beberapa spot terjadi hujan yang lebat tiga hari kedepan seperti di Inhu, Inhil, Kuansing maupun Rohul,” jelasnya.

Namun, intensitas curah hujan yangtinggi, lanjut Ardhi hanya sampai awal bulan Desember nanti. Curah hujan diprediksi akan menurun pada awal januari nanti

“Bulan Februari curah hujan sudah turun dan memasuki cuaca kering. Untuk itu kami sudah mengingatkan kepada stakeholder cuaca kering dan biasanya terjadi kabut asap, untuk itu waspada jangan sampai ada yang membakar,” tutupnya. (Iqbal)