Pulang dari Eropa, Komisi III Siap Godok RUU KUHP & KUHAP

Senin, 20 Mei 2013 11:16

BERTUAHPOS, Jakarta – Komisi III DPR selesai melakukan kunjungan kerja ke 4 negara di Eropa untuk persiapan pembahasan RUU KUHP dan KUHAP. Seluruh hasil kunker itu akan dibahas di fraksi dan dimasukkan menjadi RUU.

“Besok kita rapat internal, semua hasil pertemuan (kunker) kita jadikan satu sekaligus akan dilaunching (di komisi),” kata ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika, yang baru saja pulang dari Belanda, kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/2013).

Menurutnya, dalam kunjungan ke 4 negara yaitu Perancis, Belanda, Inggris, dan Rusia itu, komisi III telah mendapat bahan cukup. Semua anggota wajib yang ikut memberikan laporan.

“Kita jelaskan semua bahan, baik yang dari Perancis atau negara lain, ada 4 negara. Nanti kita serahkan ke masing-masing fraksi bagaimana tanggapan tiap fraksi kan beda cara pandanganya tiap fraksi, nanti jadi satu (pandangan komisi),” ucap politikus Partai Demokrat itu.

Baca: Mulai Rabu Dini Hari Nanti, Kemenhub RI Larang Penerbangan Dari dan Menuju China

“Kapan target RUU KUHP dan KUHAP ini selesai dibahas?” tanya wartawan mencecar.

“Komisi III banyak agendanya, belum lagi soal anggaran. Rancangan undang-undang nggak bisa ditarget, beda dengan anggaran. Tapi kita segera bahas,” jawab Pasek. (detik.com)