Pengunjung Pekanbaru Job Expo Capai Dua Ribu Lebih

Selasa, 11 Juni 2013 13:14
Pengunjung Pekanbaru Job Expo Capai Dua Ribu Lebih

BERTUAHPOS.COM PEKANBARU Pekanbaru Job Expo resmi dibuka Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi di grand ballroom hotel Mutiara Merdeka, Senin (10/6). Kegiatan ini akan berlangsung sampai tanggal 13 Juni mendatang, dan diikuti 67 perusahaan nasional dan lokal. Pada hari perdana kegiatan ini, menarik perhatian pencari kerja dengan jumlah kunjungan mencapai 2.008 orang.

Pantauan Tribun di lokasi kegiatan, ribuan pencari kerja datang membawa map. Mereka mengunjungi satu persaatu-satu 67 stan perusahaan yang mereka minati. Hampir semua mereka mengambil brosur lowongan di setiap stan perusahaan. Usai mengambil brosur, di antara mereka langsung membuat lamaran, malahan banyak yang langsung mengantarnya ke stan perusahaan.
Hal ini ditandai dengan banyaknya map lamaran yang bertumpuk di stan beberapa perusahaan. Perusahaan yang sudah bertumpuk lamaran di meja stannya diantaranya yakni PT Prodia Widyahusada, PT Kobexindo Tracktor Tbk, Wings Group dan beberapa perusahaan lainnya. Yulia misalnya, ia langsung memasukan lamaran ke Wings Group, sedangkan Efrial memasukan lamaran ke Kobexindo Tracktor.
Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Pria Budi didampingi Kasi Bursa Kerja dan Informasi Kerja, Abdul Rahim kepada Tribun, pada hari perdana ini kunjungan pencari kerja sudah bagus yakni mencapai 2.008 orang. Banyak diantara mereka yang langsung memasukan lamaran, dan ada juga yang sekedar melihat lowongan semata.
“Total pencari kerja yang datang ke Pekanbaru Job Expo pada hari perdana sebanyak 2.008 orang, yang terdiri dari 1.105 laki-laki dan 903 perempuan. Mereka terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan, mulai dari SLTP sampai S2. Secara rinci yakni, SMP satu orang, SMA/SMK 560 orang, DI 16 orang, DII dua orang, DIII 144 orang, S1.189 orang, dan S2 8 orang,” ungkap Pria Budi.
Menurut Pria Budi, Pemerintah Kota Pekanbaru sesungguhnya telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi angka pengangguran. Diantaranya, penyaluran tenaga kerja melalui pelaksanaan bursa kerja terpadu (Job Xxpo), dan berbagai upaya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Juga melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan sumber daya manusia agar lebih handal, berkualitas dan memiliki keterampilan yang memadai sesuai kebutuhan pasar kerja.
Sementara itu, Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi kepada Tribun mengaku, ia menyambut baik diselenggarakannya Pekanbaru Job Expo 2013 ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat baik bagi pencari kerja maupun bagi perusahaan-perusahaan yang berniat mencari pekerja, karena pada akhirnya akan berkontribusi bagi upaya penurunan angka pengangguran di Kota Pekanbaru.
“Pertumbuhan penduduk Pekanbaru mencapai 4,43 persen per tahun, sedangkan jumlah angkatan kerja sebesar 421.532 orang, dan angka pengangguran mencapai 39.347 orang  atau 9,33 persen. Sementara, jumlah pencari kerja yang terdaftar pada Disnaker Pekanbaru tahun 2012 sebesar 8.567 orang, dan jumlah pencari kerja yang ditempatkan 5.338 orang atau sebesar 62,31 persen. Angka ini telah melebihi dari target standar pelayanan minimal yang di tetapkan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebesar 43 persen pada tahun 2012 dan 70 persen pada tahun 2016,” ungkap Ayat.
Masih tingginya tingkat pengangguran di Kota Pekanbaru, ulas Ayat, disebabkan kurangnya informasi pasar kerja yang mengakibatkan pencari kerja tidak dapat menemukan lowongan kerja yang diinginkan. Sebaliknya, pemberi kerja atau pengguna jasa tenaga kerja tidak dapat menemukan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.
“Nah, kegiatan ini pada dasarnya merupakan media untuk mempertemukan secara langsung antara pencari kerja dan perusahaan sebagai pengguna tenaga kerja, agar dapat diperoleh informasi langsung yang akurat dari pihak perusahaan tentang kesempatan kerja yang ada, sehingga para pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan minat dan kompetensi yang dimiliki, serta perusahaan memperoleh tenaga kerja yang profesional, berkualitas dan siap pakai sesuai kebutuhan perusahaan,” jelas Ayat.
Rekrutmen tenaga kerja yang dikemas dalam acara ini, kata Ayat, diharapkan mampu menjalin hubungan komunikatif yang baik antara perusahaan, masyarakat khususnya pencari kerja dan pemerintah, sehingga tercipta suatu hubungan emosional yang menumbuhkan rasa saling memiliki dan saling membutuhkan.
“Selama pelaksanaan pameran bursa kerja sejak tahun 2007 sampai tahun 2012 telah terserap pencari kerja sebanyak 8.949 orang. Pada tahun 2013 ini jumlah lowongan yang tersedia cukup banyak mencapai  9.010 lowongan, dengan rincian 4.510 lowongan di dalam negeri dan 4.500 lowongan ke luar negeri (Korea dan Jepang). Mudah-mudahan kesempatan kerja  ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh pencari kerja yang ada di Kota Pekanbaru,” harap Ayat. (pekanbaru.tribunnews.com)

Advertisement