Maruarar: Indonesia Butuh Pemimpin Pancasilais Tulen

Senin, 03 Juni 2013 08:01
BERTUAHPOS, JAKARTA – Ketua DPP PDI Perjuangan, Maruarar Sirait mengatakan sudah saatnya Pancasila dimaknai dan diamalkan secara utuh dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia.
Untuk itu, diperlukan seorang pemimpin yang mampu menerapkan Pancasila secara tegas dan utuh. Ia harus bisa secara konsisten bertahan dari berbagai gempuran yang menyerang dan melemahkan.
“Pancasila hanya bisa dijalankan oleh orang yang memiliki ketauladanan, penjiwaan, dan dia mati hidupnya untuk Pancasila. Kalau masih setengah-setengah nggak akan bisa. Karena, misalnya soal ekonomi kerakyatan akan berhadapan dengan ekonomi kapitalis. Bicara pluralisme, akan berhadapan dengan yang kontra. Soal keadilan sosial juga begitu, diperlukan ketegasan dan keberanian,” ujar Maruarar, Minggu (2/5/2013).
Pria yang akrab disapa Ara ini juga menilai untuk menjalankan Pancasila secara utuh sebagaimana dirumuskan founding father bangsa Indonesia, diperlukan sosok Pancasilais sejati untuk memimpin. Sosok yang mampu membuat keputusan secara tegas dan konsisten demi kepentingan rakyatnya.
“Jadi presiden kita kedepan harus seorang Pancasilais dan nasionalis tulen. Bukan Pancasilais gadungan, dia nggak boleh kompromi dengan hal yang bertentangan dengan Pancasila,” tandasnya. (tribunnews.com)