LE : Harusnya Pemerintah Cabut Izin Perusahaan Pembakar Lahan

Selasa, 25 Juni 2013 18:49
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Menanggapi semakin pekatnya kabut asap di Riau, Balon Gubernur Riau Lukman Edy menilai pemerintah Provinsi Riau selama ini tidak tegas dengan perusahaan yang telah membakar hutan. Ia mencurigai, selama ini pasti terjadi kongkalikong antara pemerintah dengan pemilik perusahaan itu.
Â
Menurutnya, berbicara soal pemerintah tentu mencakup semua struktur pemerintah itu sendiri. Bahkan ia menyebut gubernur atau wakil gubernur serta kepala badan tertentu yang ada di pemerintah bermain dengan pemilik perusahaan.
Â
“Kabut asap inikan penyakit tahunan, kenapa pemerintah tidak berani. Harusnya cabut izin perusahaan itu,” ujarnya kepada Tribunpekanbaru.com Selasa (25/6/2013).
Â
Dikatakan mantan mentri PDT ini, bahwa ia secara pribadi berteman dengan dengan Rusli Zainal, baik jelang maupun ketika menjadi gubernur.
Â
Namun, ia menilai pemerintahan yang dipimpim Rusli tidak bernyali mengusir perusahaan yang telah membakar hutan yang ada di Riau.
Â
“Jika saya yang gubernur saya cabut izin mereka,” ujarnya.
Â
Lebih lanjut anggota DPR RI ini mengatakan, selama ini ia tetap mengkritisi pemerintahan yang berada di bawah kuasa Rusli. Baginya, itulah bukti perkawanannnya.
Â
“Pertemanan saya dengan dia berbeda dengan yang lain. Kalau yang lain ‘angkat telor’ kalau saya tetap kritis. Makanya saya tidak pernah mendapat posisi apa-apa di sini,” ujarnya. (tribunpekanbaru.com)