Iwapi Payakumbuh Siap Jadi Tuan Rumah untuk MEA 2015

Share

BERTUAHPOS.COM (BPC), PAYAKUMBUH – Ketua DPD Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Sumbar Hj Emma Yohana melantik Ketua DPC Iwapi Payakumbuh Hj Murnayetti, yang kembali terpilih secara aklamasi pada Muscap April lalu. Pelantikan Kamis (7/5/2015) pagi ini di Aula Pertanian Unand di Payakumbuh.

Disampaikan Ketua Panitia Yohandriwati Syamsu, pelantikan pengurus DPC Iwapi Payakumbuh periode 2015-2020 ini mengangkat tema Semangat Baru Menyongsong MEA 2015.

Disampaikan Ketua DPC Iwapi yang dilantik, Hj Murnayetti dan Ketua Panpel Yohandriwati Syamsu, bahwa Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) mau atau tidak harus dihadapi.

”MEA 2015 di akhir tahun ini, Iwapi pun bersiap dengan program-program usaha yang membangkitkan semangat dan gairah bagi kaum perempuan untuk menjadi pengusaha,” jelas Hj Murnayetti.

Masyarakat Ekonomi Asean tidak hanya membuka arus perdagangan barang atau jasa, tetapi juga pasar tenaga kerja profesional, seperti dokter, pengacara, akuntan, dan lainnya. Sehingga, MEA akan lebih membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi di Indonesia yang tertutup atau minim tenaga asingnya.

Sebab itulah sektor usaha perdagangan dan jasa ini sebagai sektor spesialisasi yang dimiliki khususnya di Payakumbuh, harus segera dieksplorasi lebih tinggi. Dikatakan anggota Iwapi, yang mulai dari perempuan pedagang kaki lima sampai yang tidak berkaki (online) harus terus ditingkatkan kualitas maupun kuantitasnya.

Menyonsong MEA, Iwapi menyebut siap menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Dan siap bersaing diberbagai sektor usaha produktif dengan produk-produk dari negara lain di Asian. (khatik)